Pengaruh Latihan Servis Bawah Jarak Bertahap Ketinggian Net Tetap Dan Jarak Tetap Ketinggian Net Bertahap Terhadap Hasil Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Batang Tahun 2008 / 2009.

Supeno, 6301405011 (2009) Pengaruh Latihan Servis Bawah Jarak Bertahap Ketinggian Net Tetap Dan Jarak Tetap Ketinggian Net Bertahap Terhadap Hasil Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Batang Tahun 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Latihan Servis Bawah Jarak Bertahap Ketinggian Net Tetap Dan Jarak Tetap Ketinggian Net Bertahap Terhadap Hasil Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Batang Tahun 2008 / 2009.) - Published Version
Download (3497Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan servis bawah menggunakan jarak servis bertahap ketinggian net tetap, dengan latihan servis bawah menggunakan jarak servis tetap ketinggian net bertahap terhadap hasil servis bawah pada olahraga permainan bolavoli bagi siswa putra peserta ekstrakurikuler SMP N 6 Batang tahun 2008 / 2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa putra kelas XI peserta ekstrakurikuler SMP N 6 Batang tahun 2008 / 2009 sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu sampel diambil keseluruhan sejumlah 38 siswa. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan pola M-S (Matching by Subject). Instrument penelitian yang digunakan tes servis bawah dari Leaveage. Tujuan tes tersebut adalah untuk mengeukur kemampuan servis bawah bolavoli. Data hasil dari penelitian diolah menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db) 18. Dari hasil perhitungan t-tes diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,081 dan nilai t-tabel sebesar 2,101. Jadi, nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel (3,081 > 2,101) dan berdasarkan perhitungan perbedaan mean menunjukkan MXe1 sebesar 42,11dan MXe2 sebesar 51,11 Jadi MXe2 > MXeI (51,11 > 42,11).Berdasarkan perhitungan tersebut berarti hipotesis yang menyatakan, ada pengaruh yang berbeda antara latihan servis bawah menggunakan jarak servis bertahap ketinggian net tetap dengan latihan servis bawah menggunakan jarak servis tetap ketinggian net bertahap terhadap hasil servis bawah bolavoli pada siswa putra peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Batang tahun 2008 / 2009, diterima. Dan diantara kedua latihan tersebut latihan servis jarak bertahap ketinggian net tetap lebih baik jika dibandingkan latihan servis jarak tetap ketinggian net bertahap. Untuk itu disarankan kepada guru pendidikan jasmani dan pelatih bolavoli, agar dalam latihan servis bawah kususnya bagi para pemain pemula dapat digunakan cara latihan dengan jarak servis bertahap ketinggian net tetap dan bagi para peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi dan diharapkan untuk dapat membandingkan metode latihan servis bawah menggunakan jarak bertahap ketinggian net tetap dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin tepat terkait bentuk latihan yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan servis bawah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Mar 2011 02:40
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:55

    Actions (login required)

    View Item