PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUSIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU KENDAL

Ian Surya Nugroho, 2503408044 (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUSIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUSIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU KENDAL)
Download (3096Kb)

    Abstract

    Bagi siswa SMP, mempelajari materi pelajaran seni musik hanya dengan teori tanpa adanya praktek menjadi kegiatan yang menjemukan. Oleh karena itu, guru harus menggunakan strategi yang tepat dalam mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini, apakah melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar musik siswa di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler marching band dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar musik siswa di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kendal. Manfaat teoritis penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dan manfaat praktisnya dapat berguna bagi kemajuan pembelajaran di SMP N 1 Kaliwungu Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas” (classroom action research). Karena metode yang digunakan adalah PTK maka pengambilan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dengan menggunakan kegiatan yang dimulai dari: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observation), dan refleksi (reflection). Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar musik siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler marching band di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kendal telah terbukti. Hal itu bisa dilihat dari terjadinya peningkatan skor motivasi dari pra siklus, 28 siswa mendapatkan skor rendah, 6 siswa mendapatkan skor sedang, meningkat pada siklus 1 yaitu: 17 siswa mendapatkan skor rendah, 15 siswa sedang dan 1 siswa tinggi. Setelah dilaksanakan siklus II, skor motivasi siswa lebih meningkat yaitu: 31 siswa mendapatkan skor tinggi, 3 siswa sedang, dan tidak ada siswa mendapatkan skor rendah. Hasil belajar siswa dari setiap siklus, dari 34 siswa 40% mempunyai nilai >70 pada pra siklus, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan 90% mendapatkan nilai >70 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, ada beberapa saran untuk guru dalam menerapkan kegiatan ekstrakurikuler marching band, hendaknya guru diharapkan mampu lebih kreatif dan mampu lebih memotivasi siswa sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Motivasi, Hasil Belajar Musik, Ekstrakurikuler
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > M Music
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 06 May 2014 13:55
    Last Modified: 06 May 2014 13:55

    Actions (login required)

    View Item