PENGARUH PDRB DAN UKURAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAERAH DENGAN PAD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

PRIMA UTAMA WARDOYO PUTRO, 7211409043 (2013) PENGARUH PDRB DAN UKURAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAERAH DENGAN PAD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PDRB DAN UKURAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAERAH DENGAN PAD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Download (856Kb)

    Abstract

    Diterbitkannya UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan UU No. 33 tahun tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah merupakan regulasi baru yang berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. Pemberian wewenang kepada daerah untuk mengelola daerahnya sendiri dibutuhkan sebuah sistem internal control yang mampu mengawasi seluruh aktivitas yang dilakukan pemerintah daerah oleh pemerintah pusat. Sistem internal control yang diterapkan pemerintah meliputi sistem pengendalian akuntansi dan pelaporan, sistem pengendalian APBD, dan kelemahan struktur pengendalian intern. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh PDRB, Ukuran, PAD terhadap Kelemahan Pengendalian Intern Pemerintah Daerah dengan PAD Sebagai variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan hasil pemeriksaan seluruh Provinsi di Indonesia selama 3 tahun yang berjumlah 99 sampel dan penelitian ini adalah penelitian populasi. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah: PDRB, Ukuran, Pendapatan Asli Daerah dan Pengendalian Intern. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dan analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian diperoleh melalui pengujian parsial yang menunjukkan bahwa PDRB dan PAD berpengaruh terhadap Pengendalian Intern, sedangkan Ukuran tidak berpengaruh signifikan. Pengujian simultan menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan dependen. Hasil uji path menunjukkan bahwa Pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap variabel Pengendalian Intern melalui variabel PAD sebagai variabel intervening dan Ukuran berpengaruh signifikan terhadap variabel Pengendalian Intern dengan PAD sebagai variabel intervening. Hasil uji koefisien determinasi secara simultan sebesar 28,7% Pengendalian Intern dipengaruhi oleh PDRB, Ukuran dan PAD, sisanya 71,3 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah di Indonesia dalam menjalankan mekanisme pengendalian intern yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sehingga tercipta suatu pemerintahan yang baik dan tercapainya tujuan otonomi daerah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PDRB, Ukuran, PAD, Kelemahan Pengendalian Intern, Otonomi Daerah
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 Dec 2013 11:23
    Last Modified: 03 Dec 2013 11:23

    Actions (login required)

    View Item