UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI TARI KRIDHA JATI DI SANGGAR HAYU BUDAYA KELURAHAN PENGKOL KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA

Nainul Khutniah, 2502407020 (2013) UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI TARI KRIDHA JATI DI SANGGAR HAYU BUDAYA KELURAHAN PENGKOL KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI TARI KRIDHA JATI DI SANGGAR HAYU BUDAYA KELURAHAN PENGKOL KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA)
Download (3238Kb)

    Abstract

    Tari Kridha Jati merupakan tari khas kota Jepara yang eksistensinya perlu dijaga dan dikembangkan. Sanggar hayu budaya merupakan sanggar yang mengajarkan tari Kridha Jati sebagai materi tetap bahkan tari Kridha Jati tercipta dari pimpinan sanggar Hayu Budaya, mengingat hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana eksistensi tari Kridha Jati di sanggar Hayu Budaya kelurahan Pengkol kecamatan Jepara kabupaten Jepara. 2) Bagaimana upaya mempertahankan eksistensi tari Kridha Jati di sanggar Hayu Budaya kelurahan Pengkol kecamatan Jepara kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan upaya mempertahankan eksistensi tari Kridha Jati di sanggar Hayu Budaya kelurahan Pengkol kecamatan Jepara kabupaten Jepara. Metode yang digunakan untuk membahas permasalahan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sejumlah data yang terkumpul didapat melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Berdasarkan hasil penelitian upaya mempertahankan eksistensi tari Kridha Jati disanggar Hayu Budaya kelurahan Pengkol kecamata Jepara kabupaten Jepara dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Eksistensi pertunjukan tari Kridha Jati di sanggar Hayu Budaya kelurahan Pengkol kecamatan Pengkol kabupaten Jepara bisa dikatakan “eksis. Terkait dengan Upaya mempertahankan eksistensi tari Kridha Jati yang dilakukan oleh sanggar Hayu Budaya yaitu tari Kridha Jati dijadikan materi tetap bahan ajar di sanggar Hayu Budaya, melakukan pementasan dengan mempertahankan kualitas garap, berusaha menampilkan tari Kridha Jati ketika ada permintaan/penawaran pentas. Upaya yg lain mengadakan kerjasama dengan PEMDA dan Dinas Pariwisata yaitu berupaya mempertahankan eksistensi dengan menampilkan tari Kridha Jati dalam event-eventyang dilaksanakan oleh PEMDA dan Dinas Pariwisata, selain itu pihak sanggar juga melakukan pementasan pada acara ceremonial-ceremonial atau upacara-upacara penting: penyambutan tamu, melakukan kaderisasi. Tari Kridha Jati dinobatkan oleh pemerintah daerah kabupaten Jepara menjadi tarian khas kota Jepara. Saran yang disampaikan oleh peneliti yaitu bagi para pelaku tari Kridha Jati harus selalu berlatih dan meningkatkan kualitas serta meningkatkatkan kreativitas pertunjukan agar mampu berkembang dan bagi masyarakat kelurahan Pengkol diharapkan ikut melestarikan tari Kridha Jati dengan cara mengikut sertakan generasi muda dalam berlatih tari Kridha Jati di sanggar Hayu Budaya. Bagi pemerintah kabupaten Jepara atau pihak-pihak berwenang, sebaiknya memberikan kegiatan apresiasi terhadap setiap kesenian yang (khususnya tari Kridha Jati) pada suatu masyarakat secara terus menerus, baik dalam halpementasan, publikasi lewat buku maupun media internet, supaya kesenian tersebut tetap terjaga eksistensinya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Eksistensi Tari Kridha Jati
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 07 May 2014 05:44
    Last Modified: 07 May 2014 05:44

    Actions (login required)

    View Item