MODEL PEMBELAJARAN BERKARYA DAN PRESENTASI KARYA ILUSTRASI MELALUI PAMERAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SENI RUPA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JEKULO KUDUS

Sagita Bunga Aryani, 2401409060 (2013) MODEL PEMBELAJARAN BERKARYA DAN PRESENTASI KARYA ILUSTRASI MELALUI PAMERAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SENI RUPA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN BERKARYA DAN PRESENTASI KARYA ILUSTRASI MELALUI PAMERAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SENI RUPA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JEKULO KUDUS)
Download (5Mb)

    Abstract

    Pembelajaran seni rupa pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kreatif dan ekspresi siswa berdasarkan nilai estetik. Tujuan tersebut dapat diwujudkan melalui dua aspek pembelajaran seni rupa yaitu kegiatan berekspresi dan berapresiasi. Pada umumnya pembelajaran seni rupa di sekolah hanya dilaksanakan pada satu aspek, yaitu berekspresi karya seni rupa saja. Hal tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan antara kedua aspek pembelajaran seni rupa, sehingga minat siswa kurang untuk mengikuti pembelajaran apresiasi seni rupa. Pengembangan model pembelajaran akan membantu guru untuk mengemas sebuah pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa. Model pembelajaran yang didahului dengan kegiatan berkarya dilanjutkan dengan kegiatan apresiasi dalam pameran akan melibatkan siswa secara langsung dalam setiap kegiatan pembelajaran dan dapat menggugah minat siswa. Berdasarkan orientasi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus terdapat ketidakseimbangan antara pembelajaran berekspresi dan pembelajaran apresiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran apresiasi seni rupa melalui presentasi karya ilustrasi dalam pameran kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan analisis diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, enam siswa Kelas XI IPS 2 sebagai subjek uji coba terbatas dan 33 siswa Kelas XI IPS 3 sebagai subjek uji skala besar. Hasil penelitian terdiri dari hasil validasi pakar model, hasil uji coba terbatas, hasil uji skala besar, dan hasil tanggapan guru. Hasil validasi pakar model pembelajaran mendapatkan nilai yang sangat tinggi sehingga model pembelajaran yang dikembanagkan dapat diaplikasikan di sekolah. Hasil uji coba terbatas mendapatkan nilai yang tinggi, tetapi perlu dilakukan revisi pada aspek berkarya ilustrasi dan lembar apresiasi. Hasil pada uji skala besar memperoleh penilaian yang sangat tinggi. Selama proses pembelajaran siswa lebih antusias daripada pembelajaran sebelum menggunakan model, menunjukan pengembangan model pembelajaran apresiasi seni rupa melalui presentasi karya ilustrasi dalam pameran kelas efektif dan layak diimplikasikan pada pembelajaran apresiasi seni rupa dan minat siswa lebih tergugah. Model pembelajaran apresiasi seni rupa melalui presentasi karya ilustrasi dalam pameran kelas dapat diimplikasikan di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus dan terbukti dapat mencapai tujuan pembelajaran seni rupa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, presentasi karya ilustrasi, pameran kelas, apresiasi seni rupa.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 07 May 2014 07:38
    Last Modified: 07 May 2014 07:38

    Actions (login required)

    View Item