KOLAGRAF LIMBAH ALAM : KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP N 3 PUNGGELAN BANJARNEGARA

ETI ERIKAWATI, 2401408056 (2013) KOLAGRAF LIMBAH ALAM : KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP N 3 PUNGGELAN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KOLAGRAF LIMBAH ALAM : KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP N 3 PUNGGELAN BANJARNEGARA)
Download (4019Kb)

    Abstract

    Kolagraf merupakan bagian dari seni grafis cetak tinggi, yaitu pembuatan klise dengan cara menempelkan berbagai macam bahan pada bidang papan atau bidang datar. Kolagraf merupakan salah satu teknik pembelajaran grafis yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Berdasarkan hasil orientasi yang dilakukan pada kelas VIII B SMP N 3 Punggelan Banjarnegara diperoleh informasi bahwa guru melaksanakan pembelajaran seni grafis teknik kolagraf dengan memanfaatkan limbah alam sebagai media pengembangan kreativitas anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menjelaskan pembelajaran kolagraf dalam pembelajaran seni grafis pada siswa kelas VIII B SMP N 3 Punggelan, (2) mengetahui dan menjelaskan hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada siswa kelas VIII B SMP N 3 Punggelan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada Siswa Kelas VIII B di SMP N 3 Punggelan, (2) Bagaimana hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada Siswa Kelas VIII B di SMP N 3 Punggelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) pembelajaran seni grafis cetak tinggi menggunakan teknik kolagraf limbah alam termasuk dalam kategori cukup, (2) hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam cukup beragam. Dilihat dari hasil karya siswa menunjukkan berbagai macam ide yang berbeda. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut. (1) guru hendaknya menyusun perencanaan pembelajaran secermat mungkin sesuai dengan SK dan KD, (2) guru hendaknya merancang aspek-aspek penilaian karya yang lebih jelas dan tepat, dan (3) siswa hendaknya lebih banyak melihat contoh-contoh karya untuk dapat mengembangkan kreativitasnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kolagraf, limbah alam, kreativitas anak, seni grafis
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > NE Print media
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 07 May 2014 07:39
    Last Modified: 07 May 2014 07:39

    Actions (login required)

    View Item