SURVEI PEMBINAAN ANAK USIA DINI 9-12 TAHUN CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA SE-KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2013

Setyo Adhi Nugroho, 6101409051 (2013) SURVEI PEMBINAAN ANAK USIA DINI 9-12 TAHUN CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA SE-KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SURVEI PEMBINAAN ANAK USIA DINI 9-12 TAHUN CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA SE-KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2013)
Download (7Mb)

    Abstract

    Fokus masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan anak usia dini 9-12 tahun cabang olahraga sepak bola pada Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Grobogan tahun 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembinaan anak usia dini 9-12 tahun cabang olahraga sepak bola pada Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Grobogan tahun 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian di Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Grobogan : SSB Ganesha Putra, SSB Rantai Baja, SSB Remedial, SSB Tunas Mekar, SSB Rayung Kusuma, SSB Pos 84, SSB Joko Tarub, SSB Tunas Mandiri, SSB Kuda Putih, SSB Singo Barong. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu penyelidikan dan pengukuran gejala-gejala, kondisi-kondisi, dan situasi sosial yang dikaitkan dengan usaha memformulasikan program-program konstruktif guna melaksanakan perbaikan sosial dan reformasi sosial. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner atau angket, wawancara dan dokumentasi pada sumber data yang meliputi pembina SSB, pelatih SSB, orang tua anak, atlet atau anak peserta latihan. Hasil penelitian mengenai proses pembinaan anak usia dini 9-12 tahun pada Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Grobogan tahun 2013 adalah 1). Pembinaan anak usia dini 9-12 tahun telah berjalan dengan baik dan terprogram, 2). Pembina SSB dan orang tua anak mendukung adanya program pembinaan anak usia dini, 3). Sarana prasarana yang dimiliki SSB se-Kabupaten Grobogan belum memenuhi standar, 4) Pendanaan dalam pembinaan pada SSB masih menggunakan iuran anak dan bantuan donatur, tidak ada bantuan dari pemerintah daerah. Berdasarkan hasil penelitian pembinaan anak usia dini 9-12 tahun cabang olahraga sepak bola pada Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Grobogan tahun 2013 diperoleh hasil bahwa pembinaan anak usia dini 9-12 tahun dalam kriteria sangat tinggi,hal ini terlihat sebanyak 48 responden atau sama dengan 96,00% menyatakan sangat tinggi dan yang menyatakan tinggi hanya 2 responden atau sama dengan 4%, tidak ada yang menyatakan sedang atau rendah. Saran yang dapat diberikan : 1). Pembinaan harus dilakukan sedini mungkin (6-14 tahun), dengan melakukan pembinaan secara dini anak-anak dapat dibina dan diasah keterampilannya sesuai bakat yang dimiliki, 2). Diharapkan peran aktif Pemerintah Daerah dalam bentuk dukungan dana sehingga pembinaan cabang olahraga sepak bola dapat dilaksanakan sebaik mungkin, 3) Meningkatkan dan memelihara sarana prasarana penunjang kegiatan latihan Sekolah Sepak Bola yang ada, 4). Meningkatkan motivasi , kedisiplinan anak dalam mengikuti latihan Sekolah Sepak Bola.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembinaan Anak Usia Dini 9-12 Tahun Cabang Olahraga Sepak Bola
    Subjects: L Education > L Education (General)
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Users 22797 not found.
    Date Deposited: 07 May 2014 09:06
    Last Modified: 07 May 2014 09:06

    Actions (login required)

    View Item