PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM AKSARA KEWIRAUSAHAAN TERNAK KELINCI (Penelitian Deskriptif di Balai Belajar Bersama Hj. Mudrikah Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal)

Dedy Charisma, 1201409026 (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM AKSARA KEWIRAUSAHAAN TERNAK KELINCI (Penelitian Deskriptif di Balai Belajar Bersama Hj. Mudrikah Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM AKSARA KEWIRAUSAHAAN TERNAK KELINCI (Penelitian Deskriptif di Balai Belajar Bersama Hj. Mudrikah Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal))
Download (2618Kb)

    Abstract

    Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui program aksara kewirausahaan ternak kelinci di B3 Hj. Mudrikah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak kelinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui program aksara kewirausahan ternak kelinci dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak kelinci. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang terdiri dari 3 warga belajar, 2 tutor dan 1 penyelenggara program. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan observasi. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, pengumpulan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program aksara kewirausahaan ternak kelinci dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelatihan, pelaksanaan, dan pendampingan, dalam pelaksanaannya program aksara kewirausahaan ternak kelinci yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan penghasilan warga belajar terlihat dari semakin meningkatnya keberaksaraan dan penghasilan warga belajar. Faktor pendukung pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak kelinci yaitu respon positif dari masyarakat, adanya dukungan dari Dinas Pendidikan dan Dinas Peternakan, adanya kerjasama dari berbagai instansi dan potensi alam Desa Pagersari yang memadai. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak kelinci yaitu kurangnya pengetahuan warga belajar tentang penanganan dan penanggulangan penyakit dampak dari perubahan cuaca ekstrim. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak kelinci di B3 berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dengan membelajarkan, mensejahterakan, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Saran dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan jumlah materi pada proses pelatihan dan tindak lanjut yang dilakukan secara terpadu sehingga tercipta pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, aksara kewirausahaan, ternak kelinci, Balai Belajar Bersama (B3).
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Users 22788 not found.
    Date Deposited: 07 May 2014 13:36
    Last Modified: 07 May 2014 13:36

    Actions (login required)

    View Item