IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I A SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG

TITIS AIZAH, 1402408143 (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I A SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I A SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG)
Download (6Mb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di kelas I A SDN Tawang Mas 01 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika. Proses pemebelajaran masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan multi metode dan kurang memberikan motivasi serta penggunaan media pembelajaran masih terbatas sehingga pada saat pembelajaran yang berlangsung siswa kurang aktif. Pembelajaran yang demikian menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan media interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I A SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan PAKEM dengan media interaktif pada siswa kelas I A SDN Tawang Mas 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I A SDN Tawang Mas 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat. Peningkatan keterampilan guru sebesar 20,4% dari 68,7% pada siklus I dengan kategori baik menjadi 89,1% pada siklus II dengan kategori sangat baik, (2) Aktivitas siswa juga meningkat. Peningkatan aktivitas siswa sebesar 16,6 dari 61,7% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 78,3% pada siklus II dengan kategori sangat baik, (3) Ketuntasan siswa meningkat dari 77% pada akhir siklus I menjadi 87,75% pada akhir siklus II. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan PAKEM dengan media interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Saran bagi guru adalah pendekatan PAKEM dengan media interaktif dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pendekatan PAKEM, media interaktif, kualitas pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 10 May 2014 08:43
    Last Modified: 10 May 2014 08:43

    Actions (login required)

    View Item