EKSPERIMEN PEMBUATAN EGG ROLL TEPUNG SUKUN (Artocarpus Altilis) DENGAN PENAMBAHAN JUMLAH TEPUNG TAPIOKA YANG BERBEDA

Ratna Sulistyani Purwanita, 5401407055 (2013) EKSPERIMEN PEMBUATAN EGG ROLL TEPUNG SUKUN (Artocarpus Altilis) DENGAN PENAMBAHAN JUMLAH TEPUNG TAPIOKA YANG BERBEDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EKSPERIMEN PEMBUATAN EGG ROLL TEPUNG SUKUN (Artocarpus Altilis) DENGAN PENAMBAHAN JUMLAH TEPUNG TAPIOKA YANG BERBEDA)
Download (3850Kb)

    Abstract

    Egg Roll merupakan jenis kue yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah sukun dapat diolah menjadi tepung, yang bisa diolah kembali menjadi berbagai macam makanan. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap tepung terigu, penulis melakukan eksperimen tentang pembuatan egg roll tepung sukun dengan jumlah penambahan tepung tapioka yang berbeda. Rumusan masalah pada penelitian ini : 1) Adakah perbedaan kualitas pada egg roll tepung sukun dilihat dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur? 2) Egg roll tepung sukun hasil eksperimen manakah yang kualitasnya paling baik? 3) Bagaimanakah kesukaan masyarakat terhadap egg roll tepung sukun hasil eksperimen? 4) Berapa kandungan kalsium, fosfor dan vitamin C dari egg roll hasil eksperimen yang terbaik? Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode eksperimen. Objek penelitiannya adalah egg roll tepung sukun dengan menggunakan jumlah tepung tapioka yang berbeda yaitu sebanyak 90 g, 110 g, dan 130 g. Desain eksperimen yang digunakan adalah random sampeling (acak sempurna). Metode pengumpulan data 1) Penilaian subyektif dengan uji inderawi dan uji kesukaan, 2) Penilaian obyektif dengan uji kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin C dari sampel terbaik hasil uji inderawi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variasi tunggal (anava) untuk mengetahui perbedaan kulitas antar sampel egg roll tepung sukun, dilanjutkan uji normalitas dan homogenitas, uji tukey dan analisisi deskriptif prosentase untuk menguji tingkat kesukaan egg roll hasil eksperimen. Hasil penelitian uji inderawi menunjukkan adanya perbedaan yang nyata pada masing-masing sampel egg roll hasil eksperimen pada aspek warna, rasa dan tekstur. Sedangkan pada aspek aroma tidak ada perbedaan yang nyata pada ketiga sampel egg roll hasil eksperimen. Egg roll tepung sukun yang memiliki kualitas terbaik dan yang paling disukai adalah egg roll tepung sukun dengan menggunakan tepung tapioka sebanyak 110g. Hasill uji laboratorium terhadap produk dengan kualitas terbaik menujukkan kandungan kalsium sebanyak 17,89 mg fosfor 0,14 mg, dan vitamin C 16,78 mg.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Egg roll, tepung sukun, dan tepung tapioka
    Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Users 22792 not found.
    Date Deposited: 16 May 2014 06:35
    Last Modified: 16 May 2014 06:35

    Actions (login required)

    View Item