PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2010)

Dadang Dwi Prasetyo , 3101408065 (2012) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2010)) - Published Version
Download (1049Kb)

    Abstract

    Persepsi merupakan proses yang terintegrasi dan saling berkaitan, sehingga dapat dikemukakan bahwa persepsi merupakan perorganisasian, perinterprestasian cita penafsiran terhadap stimulus yang diterima oleh alat indera, sehingga merupakan suatu yang berarti dan merupakan tanggapan integrated dalam diri individu dengan rangsangan stimulus, sehingga dalam persepsi orang yang akan mengaitkan dengan objek. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah yang melatarbelakangi mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2010 terhadap program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang?, (2) bagaimanakah minat mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2010 terhadap program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang?, (3) bagaimanakah antusias mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2010 yang sangat berminat, berminat dan kurang berminat? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif Untuk memperoleh data digunakan metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), studi dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama, sedangkan triangulasi teknik berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi (interactive analysis models) yaitu komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) saling berinteraksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) latar belakang mahasiswa dalam memilih prodi pendidikan sejarah adalah termotivasi guru sewaktu SMA, (2) Mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2010 ingin lebih memperdalam ilmunya dengan mengkaji tentang sejarah masa lampau, (3) Adanya sarana dan prasarana penunjang didalam kelas adalah salah satu faktor ke-antusiasan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran didalam kelas, (4) persepsi mahasiswa pendidikan sejarah angatan 2010 terhadap program studi pendidikan sejarah dapat dikatakan positif atau baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Prodi Pendidikan Sejarah
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 11 Nov 2013 07:28
    Last Modified: 11 Nov 2013 07:28

    Actions (login required)

    View Item