HUBUNGAN PENGUASAAN MATERI TEKNOLOGI BUSANA DENGAN PROSES MENJAHIT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA PRIA PROGRAM STUDI PKK, S1 KONSENTRASI TATA BUSANA DIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Fitri Setyowati Pungkisari, 5401406068 (2013) HUBUNGAN PENGUASAAN MATERI TEKNOLOGI BUSANA DENGAN PROSES MENJAHIT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA PRIA PROGRAM STUDI PKK, S1 KONSENTRASI TATA BUSANA DIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN PENGUASAAN MATERI TEKNOLOGI BUSANA DENGAN PROSES MENJAHIT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA PRIA PROGRAM STUDI PKK, S1 KONSENTRASI TATA BUSANA DIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (3788Kb)

    Abstract

    Matakuliah Teknologi busana adalah matakuliah yang diberikan pada semester II. Yang meliputi ketrampilan membuat macam-macam fragmen dasar, penyelesaian busana dengan berbagai sistem secara manual maupun machinal.Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan penguasaan materi Teknologi Busana dengan proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria program studi PKK,S1 konsentrasi tata busana di Universitas Negeri Semarang dan untuk mengetahui seberapa besar sumbanngan efektif hubungan penguasaan materi Teknologi Busana dengan proses menjahit pada matakuliah Manajemen Pria program studi PKK,S1 konsentrasi tata busana di Universitas Negeri Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV sebanyak 95 mahasiswa. Dengan menggunakan teknik sampling atau teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling yaitu dengan mengambil 20 mahasiswa dengan diundi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut yaitu proporsional random sampling terhadap sampel kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes praktek. Instrumen penelitian menggunakan validitas instrumen dan reliabilitas instrumen, variabel dalam penelitian menggunakan variabel bebas yaitu penguasaan materi Teknologi Busana di Universitas Negeri Semarang dan variabel terikat berupa proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria di Universitas Negeri Semarang, kemudian didapat dari metode analisis data yang menggunakan uji koefisien korelasi variabel X dan Y, dan uji keberartian korelasi dan determinasi yang didapatkan bahwa hubungan penguasaan Teknologi Busana dan Manajemen Busana Pria signifikan yang berarti ada hubungan. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh p-value 0.025 dan kurang dari angka singnifikansi 0,05 (5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penguasaan materi Teknologi Busana dengan proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria Program studi PKK S1,Konsentrasi Tata Busana di Universitas Negeri Semarang. Besarnyahubungan antara penguasaan materi Teknologi Busana dengan proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria Program studi PKK S1,Konsentrasi Tata Busana di Universitas Negeri Semarang sebesar49,8%. Hal ini dapat dijelaskan bahwa penguasaan materi pada matakuliah Teknologi Busana sangat berpengaruh terhadap hasil praktek pembuatan piyama pada matakuliah Manajemen Busana Pria. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan penguasaan materi Teknologi Busana dengan proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria khususnya menjahit piyama program studi PKK,S1 konsentrasi tata busana di Universitas Negeri Semarang. Penguasaan pada Teknologi Busana yang berupa hasil belajar memberikan sumbangan dalam kriteria baik terhadap proses menjahit pada matakuliah Manajemen Busana Pria meskipun ada faktor-faktor pendukung dan penghambat hasil belajar mahasiswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penguasaan materi Teknologi Busana, Proses Menjahit, Manajemen Busana Pria, Universitas Negeri Semarang
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Users 22792 not found.
    Date Deposited: 16 May 2014 07:20
    Last Modified: 16 May 2014 07:20

    Actions (login required)

    View Item