Pemberdayaan Anak Jalanan (Penelitian Deskriptif pada LSM Rumah Impian di Kalasan Sleman).

Fransisca Nugraheny T, 1201409016 (2013) Pemberdayaan Anak Jalanan (Penelitian Deskriptif pada LSM Rumah Impian di Kalasan Sleman). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pemberdayaan Anak Jalanan (Penelitian Deskriptif pada LSM Rumah Impian di Kalasan Sleman).)
Download (1896Kb)

    Abstract

    Pemberdayaan Anak Jalanan (Penelitian Deskriptif pada LSM Rumah Impian di Kalasan Sleman). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan anak jalanan di LSM Rumah Impian, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan anak jalanan di LSM Rumah Impian, dan (3) Untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan terhadap anak jalanan yang dibina LSM Rumah Impian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di LSM Rumah Impian Kalasan Sleman. Subjek penelitian ialah 4 anak jalanan 2 yang berkeliaran di daerah Monjali dan 2 di daerah Sagan-Mirota Kampus. Informan penelitian ialah 1 pengelola LSM Rumah Impian dan 2 pendamping pemberdayaan. Teknikpengumpulan data penelitianyaituwawancara, observasi, dandokumentasi.Keabsahan data penelitianyaitumelaluitriangulasi.TeknikAnalisis data penelitianmencakupreduksi data, penyajian data, danverifikasiataupenarikankesimpulan. HasilpenelitianmenunjukkanPemberdayaan anak jalanan di LSM Rumah Impian dengan menggunakan strategipemberdayaan partisipatif yaitu pendamping/relawanturunlangsungkejalan,menjalin relasi dengan menempatkan diri sebagai pribadi yang sejajar dan setara dengan anak jalanan, melaksanakan pemberdayaan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak jalanan akan pentingnya pendidikan, dan mengadakantindak lanjut berupa mengembalikan anak jalanan ke sekolah dengan memberikan beasiswa pendidikan, mengembalikan anak jalanan kepada orang tuanya dengan pihak LSM Rumah Impian sebagai mediator, dan memfasilitasi pelatihan keterampilan bagi anak jalanan yang sungguh-sungguh dan memiliki minat tinggi untuk bekerja dan mandiri. Berdasarkanhasilpenelitian, disarankan kepada pengelola dan pendamping untuk lebih memperhatikan kebutuhan belajar anak jalanan dalam perencanaan kegiatan pemberdayaan belajar yang dilakukan agar lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak jalanan dan perlu ditingkatkan lagi fasilitas kegiatan pemberdayaan agar dapat dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan tujuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Anak Jalanan, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Users 22790 not found.
    Date Deposited: 16 May 2014 12:31
    Last Modified: 16 May 2014 12:31

    Actions (login required)

    View Item