MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI TK PERTIWI KENJER KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2012/2013

DWI ERAWATI, 1601910043 (2013) MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI TK PERTIWI KENJER KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI TK PERTIWI KENJER KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (12Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak didik Taman Kanak-kanak TK Pertiwi Kenjer di Kenjer Kertek Wonosobo dalam pengetahuan sainsnya melalui metode atau pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan dengan tindakan kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitiannya anak didik TK Pertiwi Kenjer Kelompok B yang terdiri dari 19 anak, di Kenjer Kertek Wonosobo. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak didik. Validitas data menggunakan validitas isi (content validity). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan kemampuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, rata-rata persentasi kemampuan sains anak sebesar 31%. Kemudian setelah dilakukan tindakan penelitian kelas melalui Eksplorasi Lingkungan Sekitar rata-rata persentasi kemampuan sains anak meningkat menjadi 41%. Berikutnya pada siklus II rata-rata persentasi kemampuan sains anak meningkat sebesar 59% dan terakhir pada siklus III ratarata persentasi kemampuan sains anak sudah mencapai target sesuai dengan yang diharapkan peneliti yaitu sebesar 83%. Kesesuaian penggunaan metode pembelajaran akan menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Semua tujuan pendidikan yang ingin dicapai selayaknya sudah tersusun dalam kurikulum sebagai alat yang harus dimiliki guru dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan cara menggunakan alat akan sangat bergantung pada kompetensi guru. Kemampuan guru dalam menghubungkan tujuan pendidikan dengan cara mencapainya tidak lepas dari tiga langkah penting. Tiga langkah penting ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penentuan metode pembelajaran terjadi pada tiga proses langkah penting tersebut. Penentuan metode eksplorasi lingkungan sekitar untuk meningkatkan pengetahuan sains adalah cara yang tepat dan terbukti berhasil dalam praktik Penelitian Tindakan Kelas di TK Petiwi kenjer kelompok B, Kenjer Kertek Wonosobo.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar, Sains
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:06
    Last Modified: 19 May 2014 06:06

    Actions (login required)

    View Item