Ekspresi Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bercerita dengan Gambar Pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 35 Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013

Siti Rohmah, 1601910036 (2013) Ekspresi Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bercerita dengan Gambar Pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 35 Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Ekspresi KreativitasAnak Melalui Kegiatan Bercerita dengan Gambar Pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 35 Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013)
Download (10Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi kreativitas anak melalui kegiatan bercerita dangan gambar yang dibuatnya sendiri pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 35 Tahun Pelajaran 2012- 2013.Hal ini dikarenakan anak-anak kelompok B senang dengan kegiatan menggambar. Namun kadang-kandang gambar yang dibuat tidak dapat diketahui maknanya. Untuk mengetahui makna dari gambar yang dibuat, maka kegiatan bercerita dengan gambar digunakan untuk mengetahui bagaimanakah ekspresi kreativitas anak melalui kegiatan bercerita dengan gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Metode Kualitatif Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi data yaitu dengan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumentasi terhadap sembilan anak kelompok B yang menjadi responden penelitian. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis yang meliputi orisinalitas gambar, bentuk gambar dan cerita atas gambar yang dibuat oleh responden A1-A9. Berdasarkan penelitian ini ditemukan, bahwa anak kelompok B dalam menggambar melalui beberapa tahapan, sebagaimana pendapat Wismiarti dan Khodijah. Anak kelompok B dalam menggambar sudah masuk pada tahapan ketujuh yaitu gambar dengan ciri-ciri “kepala besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya menggambang di atas kertas, dan sampai dengan tahapan kesebelas yaitugambar yang dibuat berada pada sebuah garis dasar yang menopang benda di atasnya seperti rumah atau obyek-obyak lain. Sedangkan dalam menceritakan gambar yang dibuat, anak-anak kelompok B, ada yang berimajinasi dengan benda hidup, benda mati maupun benda mati yang dapat bertingkah laku seperti benda hidup. Kegiatan bercerita dengan gambar adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anak baik dalam kegiatan motorik halus (menggambar) maupun kemampuan berbahasa (bercerita). Oleh karena setiap anak hendaknya diberikan kebebasan dan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitasnya terutama melalui kegiatan bercerita dengan gambar yang dibuat sendiri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ekspresi, Kreativitas, Bercerita dan gambar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:06
    Last Modified: 19 May 2014 06:06

    Actions (login required)

    View Item