PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK DEPTH JUMP DAN JUMP TO BOX TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PADA ATLET BOLAVOLI KLUB TUGUMUDA KOTA SEMARANG

Mufidatul Hasanah, 6250408040 (2013) PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK DEPTH JUMP DAN JUMP TO BOX TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PADA ATLET BOLAVOLI KLUB TUGUMUDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK DEPTH JUMP DAN JUMP TO BOX TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PADA ATLET BOLAVOLI KLUB TUGUMUDA KOTA SEMARANG)
Download (1061Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh latihan pliometrik depth jump terhadap power otot tungkai. 2) Mengetahui pengaruh latihan pliometrik jump to box terhadap power otot tungkai. 3) Mengetahui perbedaan antara latihan pliometrik depth jump dan Jump to Box terhadap power otot tungkai. 4) Mengetahui manakah yang lebih baik antara latihan pliometrik depth jump dan Jump to Box terhadap power otot tungkai. Populasi dan sampel yang diteliti pada penelitian ini sebanyak 22 atlet usia 12-15 Tahun klub bolavoli Tugumuda Kota Semarang, populasi yang berjumlah 22 diambil keseluruhan sebagai sampel. Untuk variabel bebas penelitian adalah latihan pliometrik depth jump dan Jump to Box. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah power otot tungkai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman lapangan dan desain penelitian ini menggunkan pre test – post test group design. Kesimpulan penelitian ini: 1) Terdapat pengaruh latihan pliometrik depth jump terhadap power otot tungkai.2) Terdapat pengaruh latihan pliometrik Jump to Box terhadap power otot tungkai. 3) Terdapat perbedaan antara latihan pliometrik depth jump dan Jump to Box terhadap power otot tungkai. 4)Penerapan latihan pliometrik Jump to Box lebih baik dari pada latihan pliometrik depth jump terhadap power otot tungkai. Saran penelitian ialah: 1) Sebaiknya para atlet senantiasa meningkatkan latihan pliometrik depth jump dan Jump to Box agar power otot tungkai dapat meningkat untuk mencapai prestasi yang lebih baik. 2) Sebagai seorang pelatih harus mampu mengkondisikan atlet pada saat berjalannya proses latihan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Latihan pliometrik depth jump, latihan pliometrik jump to box dan power otot tungkai.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: Users 22788 not found.
    Date Deposited: 07 Nov 2013 11:44
    Last Modified: 07 Nov 2013 11:44

    Actions (login required)

    View Item