PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN


Arif Rahman Hikam, 4401408072 (2012) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Ketika siswa membuka buku pelajaran yang ditemukan adalah halaman yang penuh dengan deretan tulisan kecil, gambar ataupun diagram. Sedangkan apabila siswa bermain video game, yang mereka temukan adalah animasi dan musik yang menarik, siswa dihadapkan tantangan yang membuat siswa betah berlama-lama menikmatinya. Video game dapat dijadikan sarana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan. Dengan mengembangkan sebuah multimedia game edukasi dapat terwujud pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena terjadi aktvitas belajar sambil bermain. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan metode penelitian mengacu pada langkah-langkah penelitian R&D menurut Sugiyono (2008). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini media yang dikembangkan ditelaah oleh pakar dan diuji cobakan pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Dengan subjek uji coba skala kecil yaitu kelas X1 dan uji coba skala besar yaitu kelas X2 dan X7. Data kelayakan media diperoleh dari lembar penilaian kelayakan oleh pakar dan lembar tanggapan guru dan siswa. Data keefektifan media diperoleh dari hasil belajar siswa. Data nilai karakter peduli lingkungan siswa diperoleh dari observasi dan tes karakter. Hasil analisis kelayakan media menunjukan bahwa media layak, penilaian dari ahli media dan ahli materi memperoleh nilai 2,69 dan 2,75 yang menunjukan kriteria sangat layak. Guru dan 100% siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat baik dan baik. Analsis hasil belajar menunjukan 80,95% siswa memperoleh hasil belajar diatas KKM (≥80). Hasil analisis karakter siswa menunjukan siswa memiliki nilai karakter peduli lingkungan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pelestarian lingkungan di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Visual Novel, Pembangunan Karakter
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:04
Last Modified: 07 Nov 2013 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item View Item