PENGARUH PEMBUATAN JURNAL BELAJAR DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

Ana Fadllia, 4401408054 (2012) PENGARUH PEMBUATAN JURNAL BELAJAR DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBUATAN JURNAL BELAJAR DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM)
Download (9Mb)

    Abstract

    Jurnal belajar efektif untuk meningkatkan minat dan tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan JAS juga dinilai efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena pendekatan tersebut memberikan pengalaman nyata kepada siswa melalui kegiatan eksplorasi. Namun pendekatan JAS tidak selalu mudah diterapkan, karena sulitnya pengelolaan kelas ketika kegiatan eksplorasi. Penerapan jurnal belajar dalam pendekatan JAS dapat memotivasi siswa lebih serius terhadap pembelajaran, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembuatan jurnal belajar dalam pendekatan JAS terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Kaliwungu yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa 276 anak. Pengambilan sampling menggunakan teknik convenient sampling Sampel yang digunakan yaitu kelas X-C yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-G yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis statistik t-test diperoleh nilai sig = 0,005 < 0,05. Hal tersebut berarti ada perbedaan antara hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 78,5429 jauh lebih besar dari rataan kelas kontrol yaitu 72,3030. Dengan demikian, kelas yang diajar dengan jurnal belajar dalam pendekatan JAS mempunyai hasil belajar kognitif yang lebih baik daripada kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa jurnal belajar dalam pendekatan JAS berpengaruh (nilai Sig. < 0,05) terhadap hasil belajar kognitif (R2 = 0.610), afektif (R2 = 0.691) dan psikomotorik (R2 = 0.810). Simpulan penelitian ini adalah pembuatan jurnal belajar dalam pendekatan JAS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Kaliwungu, baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ekosistem; jurnal belajar; hasil belajar; pendekatan JAS.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Users 22794 not found.
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:07
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:07

    Actions (login required)

    View Item