PENERAPAN PRINSIP REWARD DAN PUNISHMENT YANG DILAKUKAN OLEH GURU UNTUK MERUBAH PERILAKU AGRESI ANAK (Studi Kasus di TK Beringin Lestari Ngaliyan Semarang)

Veny Aida Olivia, 1601908014 (2012) PENERAPAN PRINSIP REWARD DAN PUNISHMENT YANG DILAKUKAN OLEH GURU UNTUK MERUBAH PERILAKU AGRESI ANAK (Studi Kasus di TK Beringin Lestari Ngaliyan Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PRINSIP REWARD DAN PUNISHMENT YANG DILAKUKAN OLEH GURU UNTUK MERUBAH PERILAKU AGRESI ANAK (Studi Kasus di TK Beringin Lestari Ngaliyan Semarang))
Download (15Mb)

    Abstract

    Pemberian reward diartikan dengan tingkah laku guru dalam merespons secara positif tingkah laku anak yang memungkinkan tingkah laku tersebut terulang kembali. Punishment diartikan sebagai penderitaan yang diberikan dengan sengaja oleh guru atau orangtua karena anak melakukan suatu kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan prinsip reward yang dilakukan oleh guru dalam merubah perilaku agresi anak di TK Beringin Lestari. (2) Mengetahui penerapan prinsip punishment yang dilakukan oleh guru dalam merubah perilaku agresi anak di TK Beringin Lestari. (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitiannya adalah tiga orang siswa, tiga walimurid, tiga orang guru, dan satu orang kepala sekolah Tk Beringin Lestari Ngaliyan Semarang. Metode pengumpulan data adalah dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara, analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment dilakukan dengan cara pendekatan individual. Reward diberikan dengan cara memberi pujian, acungan jempol, gambar bintang di tangan atau bentuk bintang yang terbuat dari kertas. Sedangkan punishment diberikan kepada anak dengan cara memanggil anak dengan suara keras dan tegas, menunjukkan raut muka masam kepada anak, atau mengambil hak istimewa anak misalnya, anak dipulangkan paling akhir. Faktor yang mempengaruhi perilaku agresi dalam penelitian ini adalah faktor biologis atau bawaan sejak lahir, faktor lingkungan dan faktor pola asuh orang tua yang terlalu memanjakan anak. Saran (1) Bagi guru, diharapkan dalam menerapkan reward dan punishment dilakukan secara tepat dan memperhatikan psikolagi anak, serta diharapkan lebih sabar dan telaten dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi pada anak didiknya. (2) Bagi Kepala Sekolah, sebagai orang yang telah berpengalaman diharapkan memberikan masukan, arahan serta motivasi yang bermanfaat bagi guru. (3) Bagi orangtua, diharapkan lebih memberikan pengawasan dan perhatian kepada anak serta tidak terlalu memanjakannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: penerapan reward dan punishment, perilaku agresi anak
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:29
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:29

    Actions (login required)

    View Item