ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Eka Lusia Evanita, 4401409006 (2013) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Permasalahan dalam KTSP, hasil analisa PISA, dan tantangan perubahan zaman mendasari perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum menghasilkan perbedaan pendapat berbagai pihak. Perbedaan pendapat menunjukkan guru memegang peran penting dalam perubahan kurikulum. Faktor utama penentu pertama keberhasilan kurikulum adalah kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dengan kurikulum dan buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kompetensi pedagogik yang dimiliki guru biologi dan kesiapan guru dalam mendukung implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di SMA se Kota Semarang pada Semester Genap tahun ajaran 2012/2013. Sumber data yang digunakan adalah guru Biologi kelas X SMA se kota Semarang yaitu 101 sekolah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 13 sekolah. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan pemenuhan kompetensi pedagogik indikator 1, 2, 3, 4, 7, 8, dan 9 menunjukkan kriteria sangat baik dan pemenuhan indikator 5, 6, dan 10 menunjukkan kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan guru Biologi memenuhi semua indikator kompetensi pedagogik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Selain itu, Hasil wawancara juga menunjukkan guru Biologi menerima kebijakan pemerintah mengubah kurikulum menjadi Kurikulum 2013 dan bersedia untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru Biologi se Kota Semarang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu Guru Biologi se Kota Semarang menunjukkan kesiapan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kesiapan guru, kurikulum 2013
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Nov 2013 05:36
    Last Modified: 06 Nov 2013 05:36

    Actions (login required)

    View Item