PENGEMBANGAN SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TINGKAT SMP

Panji, 4401408076 (2013) PENGEMBANGAN SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TINGKAT SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TINGKAT SMP) - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) merupakan pembelajaran inquiry terbimbing yang melatih siswa menguasai kemampuankemampuan esensial seperti berpikir kritis, menyelesaikan masalah, bekerja dalam kelompok, berkomunikasi, memanajemen, dan mengevaluasi dalam proses menemukan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suplemen pembelajaran berbasis POGIL pada materi sistem peredaran darah dan mengetahui efektivitasnya apabila diujicobakan terhadap siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah analisis potensi dan masalah, mendesain produk, validasi desain, revisi I, uji coba keterterapan, revisi II, uji coba pemakaian, revisi III, dan produk final. Suplemen pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas LDS berbasis POGIL dan video pembelajaran, dilengkapi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai panduan pelaksanaan. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan kurikulum dari jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang. Uji coba suplemen pembelajaran dilakukan pada siswa SMP N 1 Kalibawang Wonosobo. Uji coba keterterapan dilakukan terhadap 26 siswa kelas IX A. Uji coba pemakaian dilakukan pada 27 siswa kelas VIII A dan 26 siswa kelas VIII B menggunakan desain one shoot case study. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah validitas suplemen pembelajaran oleh ahli materi dan ahli kurikulum, penilaian siswa terhadap suplemen pembelajaran, hasil belajar siswa, aktifitas siswa, dan tanggapan guru serta siswa. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif persentase. Suplemen pembelajaran berbasis POGIL pada materi sistem peredaran darah yang dikembangkan dinilai valid oleh validator ahli materi dan ahli kurikulum dengan skor berturut-turut 44, persentase 84,6% (kriteria sangat valid) dan skor 112, persentase 100% (kriteria sangat valid). Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 88,7%. Siswa yang beraktifitas tinggi mencapai 98,15%. Guru memberikan skor tanggapan 10 dengan persentase 100% (kriteria sangat baik) serta siswa memberikan skor tanggapan 22,95 dengan persentase 88,45% (kriteria sangat baik). Tingginya aktifitas siswa (98,15%) menunjukkan berkembangnya kemampuan esensial. Kemampuan siswa pada kegiatan evaluasi diri menunjukkan perkembangan kemampuan metakognisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suplemen pembelajaran berbasis POGIL pada materi sistem peredaran darah efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di tingkat SMP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan esensial, metakognisi, POGIL, dan sistem peredaran darah
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Nov 2013 05:28
    Last Modified: 06 Nov 2013 05:28

    Actions (login required)

    View Item