KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK

Indra Adi Nugroho, 4101408177 (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK)
Download (3285Kb)

    Abstract

    Pendekatan pembelajaran pada hakikatnya merupakan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran serta dapat mengembangkan dan meningkatkan aktivitas belajar yang dilakukan guru dan peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memberikan peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan motivasi dan kemampuan berpikir kreatif matematik adalah pendekatan Problem Based Learning berbantuan CD pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar? (2) Apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran secara signifikan lebih baik daripada pembelajaran konvensional? (3) Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasinya adalah seluruh peserta didik SMP N 2 Kedungwuni kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII-A (kelas eksperimen) dengan pendekatan PBL berbantuan CD pembelajaran dan kelas VII-C (kelas kontrol) dengan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, skala bertingkat, dan tes. Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat motivasi dengan menggunakan skala motivasi serta kemampuan berpikir kreatif matematik dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematik pada akhir penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar, (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik antara kelas yang menggunakan pendekatan Problem Based Learning berbantuan CD pembelajaran dan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional, (3) motivasi memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Problem Based Learning berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada pendekatan konvensional untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pendekatan Problem Based Learning (PBL), CD pembalajaran, kemampuan berpikir kreatif matematik
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Users 22790 not found.
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:32
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:32

    Actions (login required)

    View Item