Model Pengasuhan Anak Di Kepala Keluarga Wanita Pada Posyandu Kemuning Di Desa Kalimanah Kulon, Kalimanah Kabupaten Purbalingga

Yogi Kusuma Nugraheni, 1601408030 (2013) Model Pengasuhan Anak Di Kepala Keluarga Wanita Pada Posyandu Kemuning Di Desa Kalimanah Kulon, Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Model Pengasuhan Anak Di Kepala Keluarga Wanita Pada Posyandu Kemuning Di Desa Kalimanah Kulon, Kalimanah Kabupaten Purbalingga)
Download (6Mb)

    Abstract

    Pada masa perkembangannya, seorang anak membutuhkan bimbingan kedua orangtuanya. Berbeda hal dengan anak-anak pada umumnya, anak yang diasuh oleh orang tua single parent tidak bisa mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya, tetapi hanya dari salah satunya saja. Penelitian ini mengguanakn pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengasuhan anak bagi keluarga wanita di Desa Kalimanah Kulon dan untuk mengetahui perbedaan model pengasuhan antara kepala keluarga sebagai buruh pabrik dan sebagai petani. Informan dalam penelitian ini terdiri dari orang tua single parent yang memiliki anak balita. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu dan menggunakan teknik analisa data kualitatif untuk proses analisis datanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua model pengasuhan anak yang dilakukan oleh kepala keluarga wanita (single parent) di Desa Kalimanah Kulon yaitu model demokratis dan permisif. Perbedaan yang terlihat dari model pengasuhan antara kepala keluarga sebagai buruh pabrik dan buruh tani adalah orang tua yang menjadi buruh pabrik cenderung kurang memperhatikan perkembangan anaknya (lebih permisif) dan menyerahkannya kepada kerabat (saudara dan nenek dari anaknya), sedangkan orang tua single parent yang menjadi buruh tani memiliki waktu yang cukup lapang sehingga model pengasuhan yang dilakukan bersifat demokratis. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah diharapkan orang tua single parent yang menjadi buruh pabrik meluangkan lebih banyak waktu untuk memberi kasih sayang kepada anaknya melalui interaksi secara langsung dan mengutamakan pendidikan anaknya agar mereka mampu berkembang dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: single parent
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:32
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:32

    Actions (login required)

    View Item