PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN METODE SIMULASI TAMAN SIRKULASI BERBASIS BIOEDUTAINMENT DI SMP NEGERI 1 GABUS KABUPATEN PATI

Dwi Ariyani, 4401408039 (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN METODE SIMULASI TAMAN SIRKULASI BERBASIS BIOEDUTAINMENT DI SMP NEGERI 1 GABUS KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN METODE SIMULASI TAMAN SIRKULASI BERBASIS BIOEDUTAINMENT DI SMP NEGERI 1 GABUS KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Materi sistem peredaran darah tidak dapat dipelajari secara langsung karena struktur dan fungsinya berada dalam tubuh, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi akan membuat siswa lebih mudah memahami materi sistem peredaran darah. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa adalah dengan menggunakan metode simulasi taman sirkulasi berbasis bioedutainment. Metode simulasi adalah metode mengajar untuk menjelaskan sesuatu melalui perbuatan yang bersifat pura-pura atau melalui proses tingkah laku imitasi atau bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode simulasi taman sirkulasi berbasis bioedutainment. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gabus Kabupaten Pati pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013. Populasi penelitian adalah semua kelas siswa VIII SMP Negeri 1 Gabus. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan cara purposive sampling dan terpilih tiga kelas yaitu VIII C, VIII D, dan VIII E. Rancangan penelitian ini adalah pre experiment design dengan bentuk one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dari ketiga kelas mencapai ketuntasan klasikal sebesar 84,46%. Rata-rata aktivitas siswa dari ketiga kelas sampel mencapai 87,20%. Hasil penelitian tersebut sudah melampaui kriteria minimum yang ditetapkan yaitu sebesar ≥ 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi taman sirkulasi berbasis bioedutainment pada materi sistem peredaran darah berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: metode simulasi, taman sirkulasi, bioedutainment, Sistem Peredaran Darah
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Nov 2013 04:58
    Last Modified: 06 Nov 2013 04:58

    Actions (login required)

    View Item