DAMPAK EVENT SEPAK BOLA DUNIA TERHADAP INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO (Sebuah Analisis Tentang Sport Industry

Indah Nur Rahmawati, 6211409042 (2013) DAMPAK EVENT SEPAK BOLA DUNIA TERHADAP INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO (Sebuah Analisis Tentang Sport Industry. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (DAMPAK EVENT SEPAK BOLA DUNIA TERHADAP INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO (Sebuah Analisis Tentang Sport Industry)
Download (5Mb)

    Abstract

    Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini: 1). Bagaimana sejarah munculnya gagasan inovasi batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan? 2). Bagaimana model/ jenis inovasi batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan? 3). Adakah pengaruh inovasi terhadap pemasaran batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan? Tujuan penelitian: 1). Mendiskripsikan sejarah munculnya gagasan inovasi batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan. 2). Mendiskripsikan model/jenis inovasi batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan. 3). Mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh inovasi terhadap pemasaran batik bola pada home industry di Kampung Batik Laweyan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah pelopor inovasi batik bola, produsen batik di Kampung Batik Laweyan, Ketua RT 3 RW 1 Klasem Laweyan, dan Lurah RW 1 Klasem, dan sebagai penguat argument dari Ketua Sub Bag Keolahragaan, Ketua Sub Bag IPTEK Keolahragaan, Sekretaris dan Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Berdasarkan analisis hasil penelitian bahwa munculnya inovasi batik bermotif logo klub sepakbola dikarenakan kecintaan terhadap budaya batik dan kecintaan teerhadap sepakbola dengan tujuan untuk melestarikan batik. Inovasi batik motif bola ini merupakan barang musiman, karena batik bola ini hanya popular pada saat terlaksananya event-event besar sepakbola. Simpulan dari penelitian ini adalah bermula pada hobi apabila dikombinasikan dengan jiwa entrepeneurship akan menghasilkan nilai jual. Kombinasi seni batik dengan olahraga sepakbola menjadi batik bola. Saran yang dapat disampaikan yaitu kepada Produsen Batik di Kampung Batik Laweyan Solo agar memperluas pemasaran batik hasil produksinya, kepada konsumen hendaknya ikut serta dalam melestarikan budaya batik dengan mencintai dan menggunakan produk dari dalam negeri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pemasaran, Home Industry, Sport Industry
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: Users 22788 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:06
    Last Modified: 19 May 2014 06:06

    Actions (login required)

    View Item