MODEL PENANAMAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA BURUH WANITA DI DESA BAKREJO KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Meirina Gunariyah, 1601408014 (2012) MODEL PENANAMAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA BURUH WANITA DI DESA BAKREJO KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MODEL PENANAMAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA BURUH WANITA DI DESA BAKREJO KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO)
Download (1545Kb)

    Abstract

    Kedisiplinan perlu ditanamkan sejak anak masih kecil sebagai suatu cara untuk membantu anak agar dapat mengembangkan pengendalian diri.Mendidik anak dengan disiplin sebagai upaya orang tua untuk menuntun anak berperilaku kearah yang lebih baik, agar anak mempunyai kesadaran dan berperilaku taat moral yang secara otonom berasal dari dalam diri anak. Nilai moral anak berasal dari pola hidup keluarga (ayah dan ibu) karena model ideal bagi peniruan dan pengidentifikasian perilaku anak melalui pembiasaan dan identifikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui model penanaman kedisiplinan anak usia dini pada buruh wanita di desa Bakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo, 2) mengetahui perbedaan cara pandang penanaman kedisiplinan kepada anak-anak antara ibu dengan bapak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Subyek dalam penelitian ini adalah anak TK usia 4-6 tahun, orangtua dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model penanaman kedisiplinan anak usia dini pada buruh wanita di Desa Bakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo mencakupi model otoriter, permisif dan demokratis. Terdapat perbedaan cara pandang penanaman kedisiplinan kepada anak antara ibu dengan bapak. Sebanyak 7 orang ibu menyepakati pendekatan disiplin positif dan hanya 1 ibu menyetujui disiplin negatif. Terdapat 6 bapak menyepakati pendekatan disiplin negatif dan 2 bapak menyetujui disiplin negatif. Perbedaan pandangan tersebut dipengaruhi oleh faktor pengalaman, pengetahuan, sikap dan watak orang tua dalam penanaman kedisiplinan anak. Simpulan tersebut dapat melahirkan saran bahwa dalam proses belajar mengajar, guru hendaknya lebih memperhatikan asal lingkungan keluarga anak dengan cara menjalin komunikasi secara teratur dan berkelanjutan dengan orangtua murid. Karena lingkungan dimana seorang anak tumbuh dan dibesarkan akan mempengaruhi proses perkembangan anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Penanaman Kedisiplinan, Anak Usia Dini
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:11
    Last Modified: 19 May 2014 06:11

    Actions (login required)

    View Item