PENGARUH SUMBER BELAJAR OTENTIK DALAM FIELD TRIP DI PANTAI TELUK AWUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM

Endri Fajar Setyarsono, 4401408032 (2012) PENGARUH SUMBER BELAJAR OTENTIK DALAM FIELD TRIP DI PANTAI TELUK AWUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH SUMBER BELAJAR OTENTIK DALAM FIELD TRIP DI PANTAI TELUK AWUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM)
Download (6Mb)

    Abstract

    Perairan Pantai Teluk Awur Jepara memiliki potensi alam yang beraneka ragam, diantaranya adalah terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove. Kawasan Pantai Teluk Awur memiliki dua lokasi, yaitu lokasi ekosistem perairan dan ekosistem daratan. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran materi ekosistem. Adanya keanekaragaman organisme yang dimiliki tersebut, Pantai Teluk Awur merupakan tempat yang potensial untuk dijadikan sumber belajar otentik materi ekosistem tentang komponen biotik dan biotik serta satuan-satuan dalam ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar otentik dalam field trip di Pantai Teluk Awur terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental menggunakan desain One shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jepara yang terdiri dari enam kelas, yakni VII A sampai dengan VII F. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B dan VII C yang berjumlah 76 siswa, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling. Nilai aktivitas pembelajaran dalam field trip diperoleh dari hasil pengamatan observer, sedangkan nilai penguasaan materi ekosistem diperoleh dari lembar kerja siswa dan skor post-test. Data dianalisis secara kuantitatif dan dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dalam field trip sekitar Pantai Teluk Awur berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih aktif melakukan investigasi di Pantai Teluk Awur sebagai sumber belajarnya, sangat aktif 79% pada kelas VII B dan 83% kelas VII C. Nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada kelas VII B 79% dan 76% pada kelas VII C. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas dalam field trip di Pantai Teluk Awur terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam field trip di Pantai Teluk Awur sebagai sumber belajar otentik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar; materi ekosistem; Pantai Teluk Awur; sumber belajar otentik
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Users 22794 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:12
    Last Modified: 19 May 2014 06:12

    Actions (login required)

    View Item