PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN DENGAN BANTUAN MEDIA FOTO PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Nila Ayu Yulinar Firdos, 4401406587 (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN DENGAN BANTUAN MEDIA FOTO PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN DENGAN BANTUAN MEDIA FOTO PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN)
Download (13Mb)

    Abstract

    SMPN 14 Semarang telah menerapkan pembelajaran ceramah, tanyajawab, diskusi, dan eksperimen. SMP ini belum pernah menerapkan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan membutuhkan pengamatan tumbuhan asli, preparat awetan, atau foto. Kelebihan POE yaitu siswa tidak hanya diajak mengamati, tetapi juga dituntut aktif mencari pengetahuan dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran POE dengan bantuan media foto lebih baik dari pembelajaran diskusi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMPN 14 Semarang. Desain rancangan penelitian ini yaitu pretest-postest group. Dilaksanakan di kelas VIII B dan VIII C SMPN 14 Semarang. Sampel ditentukan dengan cluster random sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran POE dengan bantuan media foto dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa (nilai delta posttest-pretest dan nilai akhir). Data dianalisis dengan uji t. Hasil uji t nilai delta posttest-pretest diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,001 > 2,000 dan uji t nilai akhir siswa thitung > ttabel, yaitu 5,275 > 2,000. Simpulan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran POE dengan bantuan media foto pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran diskusi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media foto; POE; struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Users 22794 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 06:50
    Last Modified: 19 May 2014 06:50

    Actions (login required)

    View Item