STUDI PERBANDINGAN PENGEMBANGAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN BREBES DAN DI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

WIDI WIDIYAWATI PURNAMASARI, 1601408008 (2013) STUDI PERBANDINGAN PENGEMBANGAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN BREBES DAN DI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI PERBANDINGAN PENGEMBANGAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN BREBES DAN DI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES)
Download (9Mb)

    Abstract

    Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, di Kecamatan Brebes telah berdiri 128 satuan layanan PAUD yang terdiri atas 37 Taman Kanak-kanak (TK), 35 Kelompok Bermain (KB), 2 Taman Pengasuhan Anak (TPA) dan 74 Satuan PAUD Sejenis (SPS), sedangkan Kecamatan Bulakamba telah berdiri 86 satuan layanan PAUD yang terdiri atas 20 Taman Kanak-kanak (TK), 23 Kelompok Bermain (KB), belum berdirinya TPA dan 43 Satuan PAUD Sejenis (SPS). Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui profil pengembangan layanan PAUD di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba; (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba dalam pengembangan layanan PAUD; (3) Untuk mengetahui langkah-langkah yang diambil Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba dalam pengembangkan layanan PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber (UPTD Pendidikan, Ketua HIMPAUDI, Ketua IGTKI, dan Ketua IGRA). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif seperti dianjukan oleh (Miles dan Huberman) melalui: (1) pengumpulan data; (2) penyajian data; (3) menarik simpulan (verifikasi) sehingga dapat diperoleh data yang valid dan relevan. Temuan dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan dalam jumlah bentuk layanan PAUD di Kecamatan Brebes terdapat 4 bentuk layanan PAUD yaitu TK, RA, KB , dan TPA, sedangkan di Kecamatan Bulakamba terdapat 3 bentuk layanan PAUD yaitu TK, RA, dan KB, namun di dua Kecamatan tersebut belum berdirinya SPS. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba dalam pengembangan layanan PAUD adalah finansial, kurangnya dana insentif bagi pendidik/pengasuh PAUD, dankualifikasi akademik guru yang belum memenuhi kualifikasi yang disyaratkan oleh Pemerintah. 3) Langkah-langkah yang diambil Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba dalam pengembangan layanan PAUD yaitu Pemerintah memberikan dana BOP, APBN, APBD. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes dan UPTD Pendidikan, diharapkan dapat lebih meningkatkan sistem distribusi dana pendidikan; (2) Kepada IGTKI, IGRA, dan HIMPAUDI diharapkan mampu mengadakan pelatihan dan seminar bagi pengelola dan tenaga pendidik agar PAUD benar-benar dapat terkelola dan berkembang dengan optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perbandingan pengembangan, layanan PAUD
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: Users 22801 not found.
    Date Deposited: 19 May 2014 11:08
    Last Modified: 19 May 2014 11:08

    Actions (login required)

    View Item