Persepsi Siswa SMP Negeri 7 Semarang Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tahun 2009

Rivai, 6101405020 (2009) Persepsi Siswa SMP Negeri 7 Semarang Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kalau diperhatikan secara sekilas, setiap permasalahan pendidikan jasmani selalu merupakan permasalahan yang unik. Tetapi yang terpenting adalah, bahwa pandangan dan pendapat tentang pendidikan jasmani selalu ditemukan di dalam sistem pendidikan pada umumnya. Permasalahan yang sering saya dengar adalah kurangnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sehingga siswa cenderung malas untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri 7 Semarang terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat 1) peneliti dapat mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pelajaran penjasorkes sehingga dapat menciptaka proses pembelajaran yang kondusif, aman, dan menyenangkan bagi siswa, 2) memberikan informasi kepada sekolah sehingga dapat dijadikan masukan dan pertimbangan bagi sekolah dalam mengambil kebijakan-kebijakan terhadap pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, 3) memberikan masukan bagi guru dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, penanggulangan masalah dalam pembelajaran serta penciptaan iklim pembelajaran yang lainnya, 4) menjadi salah satu pendorong bagi siswa untuk lebih tekun dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang sebanyak 240 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Sampel Random atau Sampel Acak, Sampel Campur sebanyak 72 siswa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa SMP Negeri 7 Semarang terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitian tidak perlu merumuskan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ketahui bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 7 Semarang tergolong baik dengan persentase 74%. Dikatakan baik karena dalam proses pembelajarannya guru sudah memberikan inovasi pembelajaran dengan variasi dan modivikasi metode pembelajaran sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran penjasorkes. Oleh karena itu saran yang dapat disampaikan peneliti adalah memperdalam dan meningkatkan semangat belajar penjasorkes karena dengan mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat dan serius tidak hanya mendapatkan hasil belajar yang baik tetapi juga akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Penjasorkes
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2011 23:24
Last Modified: 25 Apr 2015 00:35

Actions (login required)

View Item