EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMAHAMAN MEMBACA TEKS

Intan Septiani Pratiwi, 2302408012 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMAHAMAN MEMBACA TEKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMAHAMAN MEMBACA TEKS)
Download (1465Kb)

    Abstract

    Pembelajaran dokkai pada mahasiswa selama ini masih bersifat konvensional, dimana dalam pembelajaran masih didominasi oleh pengajar dan tidak semua mahasiswa berperan aktif. Dalam proses pembelajaran ada empat komponen penting yang berpengaruh bagi keberhasilan belajar siswa, yaitu bahan belajar, suasana belajar, media belajar dan pengajar sebagai subjek pembelajaran. Oleh karena itu, pengajar sebagai subjek dalam pembelajaran diharapkan dapat memilih dan menyajikan metode dan sumber belajar yang tepat dan aktif, sehingga bahan pelajaran yang disampaikan dapat diterima dan dikembangkan mahasiswa dengan baik. Metode Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu metode belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk saling mengembangkan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat serta mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama (Lie, 2002:59). Metode NHT merupakan metode yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara berkelompok, sehingga dengan metode NHT memudahkan mahasiswa dalam memahami bacaan pada pembelajaran Dokkai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi yang membandingkan hasil belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan metode numbered heads together (NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Jepang semester III angkatan 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data dan menggunakan validitas isi serta rumus KR 20 untuk menghitung reliabilitas instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis dari tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata pada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung= 3,093 yang lebih besar dari t-tabel dengan taraf signifikasi 5% yaitu 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode numbered heads together (NHT) efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan pada mata kuliah dokkai shochukyu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Dokkai, Metode NHT
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: Users 1771 not found.
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:42
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:42

    Actions (login required)

    View Item