PENGARUH FAKTOR AGLOMERASI INDUSTRI, ANGKATAN KERJA DAN TINGKAT UPAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2005-2010

WISNU ARI WIBOWO , 7450407010 (2013) PENGARUH FAKTOR AGLOMERASI INDUSTRI, ANGKATAN KERJA DAN TINGKAT UPAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2005-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH FAKTOR AGLOMERASI INDUSTRI, ANGKATAN KERJA DAN TINGKAT UPAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2005-2010)
Download (1164Kb)

    Abstract

    Provinsi Jawa Tengah memiliki PDRB dengan sektor industri pengolahan yang menjadi penyumbang kontribusi perekonomian tertinggi sehingga daerah yang unggul pada sektor ini lebih maju ketimbang daerah lain. Penelitian ini ingin mengungkapkan bahwa hanya daerah tertentu saja yang terdapat aglomerasi industri sedang dan ada beberapa daerah yang beraglomerasi kecil. Tujuan penelitian ini untuk: 1). Mengetahui letak aglomerasi industri manufaktur di Provinsi Jawa Tengah, 2). Mengetahui bagaimana pengaruh variabel aglomerasi industri, angkatan kerja, dan tingkat upah terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah, 3). Mengetahui apakah aglomerasi industri, angkatan kerja dan tingkat upah secara bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Objek penelitian ini dilakukan pada seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah periode tahun 2005-2010. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan jenis data yang digunakan adalah data panel (deret waktu dan deret hitung). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan program Eviwes. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa 1). Semua t statistik lebih besar dari t tabel jadi secara parsial ada pengaruh variabel aglomerasi industri, ankatan kerja dan tingkat upah terhadap pertumbuhan ekonomi, 2). Secara bersama-sama ada pengaruh antara aglomerasi industri, angkatan kerja dan tingkat upah terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh antara antara aglomerasi industri, angkatan kerja dan tingkat upah terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan perekonomian Provinsi Jawa Tengah maka diperlukan mengoptimalkan atau menambah fasilitas penunjang perekonomian di wilayahnya untuk meningkatkan aglomerasi industri dan meningkatkan tingkat upah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Aglomerasi Industri, Angkatan Kerja dan Tingkat Upah.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Users 22783 not found.
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:16
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:16

    Actions (login required)

    View Item