PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Muhammad Adib Kurniawan, 5101409109 (2013) PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013)
Download (6Mb)

    Abstract

    Banyak cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu caranya adalah dengan penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi, media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi merupakan media pembelajaran yang digunakan oleh pengajar untuk mempresentasikan materi yang diajarkannnya menggunakan visualisasi tiga dimensi yang dibuat menggunakan komputer. Permasalahan yang dikaji adalah tentang pengaruh penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan Gedung, kompetensi dasar memahami sanitasi air kotor dan air bersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan Gedung, kompetensi dasar memahami sanitasi air kotor dan air bersih pada kelas XI TGB SMK Negeri 7 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa pada kelas XI TGB 1 (kelas eksperimen) dan XI TGB 2 (kelas kontrol). Hasil penelitian meliputi nilai rata-rata pre test dan pos test pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 46,11 dan pada kelas kontrol 45,64. Sedangkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 85,76 dan pada kelas kontrol 75,64. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) nilai post test didapatkan nilai thitung sebesar 6,893. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel yang sebesar 2,029. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai post test kelas eksperimen lebih baik dari nilai post test kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,74 (74%) dan pada kelas kontrol sebesar 0,55 (55%). Pada kelas eksperimen persentase ketuntasan belajarnya sebesar 94,59% dan pada kelas kontrol sebesar 63,89%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar. Penggunaan media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih menarik dan menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media presentasi pembelajaran berbasis visualisasi tiga dimensi, hasil belajar, konstruksi bangunan gedung.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3
    Depositing User: Users 22793 not found.
    Date Deposited: 31 Oct 2013 12:44
    Last Modified: 31 Oct 2013 12:44

    Actions (login required)

    View Item