ANALISIS PENGARUH VARIABEL KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP INITIAL RETURN DAN RETURN SETELAH INITIAL PUBLIC OFFERINGS (IPO) (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2011)

Vita Yuliana , 7350408053 (2013) ANALISIS PENGARUH VARIABEL KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP INITIAL RETURN DAN RETURN SETELAH INITIAL PUBLIC OFFERINGS (IPO) (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH VARIABEL KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP INITIAL RETURN DAN RETURN SETELAH INITIAL PUBLIC OFFERINGS (IPO) (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2011))
Download (749Kb)

    Abstract

    Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya penelitian terdahulu yang menemukan hasil berbeda-beda pada pengaruh variabel keuangan dan non keuangan terhadap initial return dan return 7 hari setelah IPO. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara variabel keuangan dan non keuangan terhadap initial return dan return 7 hari setelah IPO. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung di luar Industri Jasa Keuangan dan Perbankan di Bursa Efek Indonesia dan mengeluarkan laporan keuangan secara lengkap yang telah diaudit oleh akuntan secara kontinyu selama tahun 2008 sampai dengan 2011. Sampel ditentukan dengan metode Purposive Sampling, dengan responden sebanyak 64 perusahaan. Sumber data penelitian ini adalah laporan keuangan masing-masing perusahaan industri jasa keuangan dan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode penelitian 2008 – 2011 yang dipublikasikan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS for windows 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keuangan tidak berpengaruh terhadap initial return, karena semua komponen yang termasuk dalam variabel keuangan (CR, DER, ROA, TATO dan PBV) tidak berpengaruh terhadap initial return. Artinya variabel keuangan pada perusahaan saat IPO tidak dapat mempengaruhi harga saham penutupan dibandingkan dengan harga saham pembukaan. Variabel keuangan berpengaruh terhadap return 7 hari setelah IPO, karena pada variabel keuangan terdapat satu komponen yaitu PBV sedangkan komponen yang lainnya seperti CR, DER, ROA, dan TATO tidak berpengaruh terhadap return 7 hari setelah IPO. Variabel non keuangan tidak berpengaruh terhadap initial return maupun terhadap return 7 hari setelah IPO, karena semua komponen yang termasuk dalam variabel non keuangan (SIZE, AGE dan PPS) tidak berpengaruh terhadap initial return maupun return 7 hari setelah IPO. Artinya variabel non keuangan pada perusahaan saat IPO tidak dapat mempengaruhi harga saham penutupan dibandingkan dengan harga saham pembukaan maupun perubahan harga saham selama 7 hari setelah IPO.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: variabel keuangan, non keuangan, initial return, return initial public offerings (IPO)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: faraz suparto perpus
    Date Deposited: 31 Oct 2013 11:47
    Last Modified: 31 Oct 2013 11:47

    Actions (login required)

    View Item