PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu)

Inggil Dharmawansyah , 7350408007 (2013) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu))
Download (1847Kb)

    Abstract

    Perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing pada produk yang mereka tawarkan agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk meraih keunggulan bersaing tersebut adalah dengan experiential marketing dan kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. (2) Apakah ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap terciptanya loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. (3) Apakah ada pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap terciptanya loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap terciptanya loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. (2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. (3) Untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Pring Asri. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Pring Asri dan sampel yang diambil sebanyak 115 responden, dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiential marketing, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien 0,194 dan thitung = 4,295 dengan signifikansi 0,000. karena signifikansi >0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien 0,390 dan thitung = 5,896 dengan signifikansi 0,000. karena signifikansi >0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai fhitung sebesar 45,546 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. karena signifikansi > 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) Pihak Rumah Makan Pring Asri hendaknya mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi karyawan sehingga dapat meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan yaitu dalam keramahan dan ketepatan penyajian. Untuk mempercepat dalam penyajian menu dapat dilakukan dengan menambah jumlah karyawan untuk dapur dan pramusaji. Selain itu hendaknya berkomunikasi lebih sering kepada pelanggan melalui obrolan ringan, cara ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh pelanggan dan begitupun sebaliknya, saling mengenal lebih jauh akan memupuk kepercayaan (trust) yang lebih tinggi. (2) Diharapkan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti variabel lain yang dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan seperti brand trust.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: faraz suparto perpus
    Date Deposited: 31 Oct 2013 07:22
    Last Modified: 31 Oct 2013 07:22

    Actions (login required)

    View Item