PERAN YAYASAN PENDIDIKAN SAFINATUL HUDA TERHADAP PENDIDIKAN MASYARAKAT NELAYAN MISKIN DI KARIMUNJAWA TAHUN 2001-2012

Mukminin, 3101409103 (2013) PERAN YAYASAN PENDIDIKAN SAFINATUL HUDA TERHADAP PENDIDIKAN MASYARAKAT NELAYAN MISKIN DI KARIMUNJAWA TAHUN 2001-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERAN YAYASAN PENDIDIKAN SAFINATUL HUDA TERHADAP PENDIDIKAN MASYARAKAT NELAYAN MISKIN DI KARIMUNJAWA TAHUN 2001-2012)
Download (2529Kb)

    Abstract

    Sebelum berdirinya Yayasan Pendidikan Safinatul Huda, banyak anakanak Karimunjawa yang tidak melanjutkan sekolah setelah lulus SD. Pada saat itu hanya ada satu pendidikan tingkat SLTP yaitu SMP N 01 Karimunjawa dan belum tersedianya pendidikan tingkat SLTA. Berdirinya, Yayasan Pendidikan Safinatul Huda telah memberi warna tersendiri bagi pendidikan di Karimunjawa, yang menyediakan dua lembaga pendidikan yaitu MTs Safinatul Huda dan MA NU Safinatul Huda yang berbasis agama Islam. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini meliputi : (1) bagaimana kondisi pendidikan masyarakat Karimunjawa pada tahun 2001-2012; (2) bagaimana perkembangan Yayasan Pendidikan Safinatul Huda tahun 2001-2012; (3) bagaimana peran Yayasan Pendidikan Safinatul Huda terhadap pendidikan masyarakat nelayan miskin di Karimunjawa tahun 2001-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Langkah-langkah metode ini yaitu pertama heuristik yang terdiri dari studi pustaka, wawancara dan observasi lapangan. Tahap kedua adalah kritik sumber yang terdiri dari kritik internal dan eksternal. Ketiga adalah interpretasi dan yang Keempat adalah historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa : (1) pada tahun 2001 sampai tahun 2012 banyak anak Karimunjawa yang melanjutkan pendidikan kejenjang SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi. Pada tahun 2012 tingkat pendidikan masyarakat Karimunjawa yang melanjutkan Perguruan Tinggi berjumlah 57 orang, Akademi berjumlah 16 orang, SLTA berjumlah 340 orang, SLTP berjumlah 826 orang, dan SD berjumlah 1.722 orang; (2) Yayasan Pendidikan Safinatul Huda berdiri berawal dari keprihatinan akan rendahnya sumber daya manusia, rendahnya tingkat pendidikan dan belum tersedianya pendidikan sekolah lanjutan yang berbasis Agama Islam di Karimunjawa. Yayasan Pendidikan Safinatul Huda berdiri pada tahun 2001, mengelola dua lembaga pendidikan yaitu MTs Safinatul Huda dan MA NU Safinatul Huda; (3) peran Yayasan Pendidikan Safinatul Huda bagi pendidikan di Karimunjawa yaitu menyediakan pendidikan tingkat SLTP dan SLTA, alumni yang memiliki motivasi kuliah yang tinggi, alumni yang mengabdikan diri bagi pendidikan di Karimunjawa, Peran dalam Pengembangan Pendidikan Islam, Sekolah gratis bagi orang yang tidak mampu, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Yayasan Pendidikan Safinatul Huda, Pendidikan, dan Masyarakat Karimunjawa.
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2013 06:16
    Last Modified: 31 Oct 2013 06:16

    Actions (login required)

    View Item