PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCETERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2012)

Candra Rifqi Triwinasis , 7350406005 (2013) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCETERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCETERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2012))
Download (1291Kb)

    Abstract

    Corporate governance merupakan salah satu elemen kunci dalam meningkatkan efesiensi ekonomis, yang meliputi serangkaian hubungan antara manajemen perusahaan, dewan komisaris, para pemegang saham dan stakeholder lainnya. Corporate governance juga memberikan suatu struktur yang memfasilitas penentuan sasaran-sasaran dari suatu perusahaan, dan sebagai sarana untuk menentukan teknik monitoring kinerja. Corporate Govenance merupakan salah satu topik permasalahan sehubungan dengan semakin gencarnya publikasi tentang kecurangan (fraud) maupun keterpurukan bisnis yang terjadi akibat kesalahan yang dilakukan oleh para eksekutif manajemen, maka hal ini menimbulkan suatu tanda Tanya tentang kecukupan (adequacy)Corporate Governance. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengukur tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan dalam sektor perbankan yang nantinya akan menetukan pada kelola perusahaan. Dalam penelitian ini konsep indikator yang dipakai dalam mekanisme Corporate Governance terdiri dari: kepemilikan institusional, Proposi Dewan Komisaris Independen dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum yang terdaftar pada Bank Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 Bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji normalitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh corporate governance yang diproksi oleh komite audit mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil penerlitian ini juga menunjkkan bahwa kepemilikan institusional dan Proposi Dewan Komisaris Independen mempunyai hubungan negatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemilikan institusional, dan Proposi Dewan Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (CFROA), Komite Audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan (CFROA) secara stimultan. Saran dalam penelitian ini adalah komite audit diharapkan selalu meningkatkan serta mempertahankan pengawasan terhadap perusahaan sehingga dapat mengurangi sifat oppoturnistic manajemen yang melakukan kecurangan dalam bentuk earnings management yang dapat merugikan pemegang saham.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan (CFROA), Kepemilikan Institusional, Proposi Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Good Corporate Governance
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: faraz suparto perpus
    Date Deposited: 30 Oct 2013 09:02
    Last Modified: 30 Oct 2013 09:02

    Actions (login required)

    View Item