PENGARUH PENGANGGURAN, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KEMISKINAN KAB/KOTA DI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2010 SKRIPSI

Listyaningrum Kusuma Wardani, 7450407052 (2013) PENGARUH PENGANGGURAN, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KEMISKINAN KAB/KOTA DI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2010 SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENGANGGURAN, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KEMISKINAN KAB/KOTA DI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2010 SKRIPSI)
Download (1810Kb)

    Abstract

    Kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks. Tingkat kemiskinan di Jawa Tengah sendiri pada tahun 2006-2010 mengalami penurunan. Tetapi, tingkat kemiskinannya tertinggi dibanding lima Provinsi lainnya di pulau Jawa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pengangguran, pengeluaran pemerintah dan jumlah penduduk terhadap kemiskinan Kab/Kota di Jawa Tengah Tahun 2006-2010 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kab/Kota di Jawa Tengah Variabel dalam penelitian ini yaitu pengangguran (X1), pengeluaran pemerintah (X2), jumlah penduduk (X3) dan kemiskinan (Y). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data panel yaitu gabungan data time series yang berupa data tahun 2006-2010 dan data cross section yang menggunakan 35 Kab/Kota di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda data panel dengan metode GLS serta model Fixed Effect sedangkan untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya digunakan alat analisis koefisien determinasi dan pengujian secara parsial menggunakan uji t-statistik dan pengujian secara simultan menggunakan uji F-statistik. Selain itu, juga dilakukan uji asumsi klasik dimana semua pengujian di atas menggunakan perhitungan program Eviews 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Pengeluaran pemerintah negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Sedangkan jumlah penduduk tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Pengangguran, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk berpengaruh secara simultan terhadap kemiskinan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah upaya mengurangi tingkat kemiskinan, pemerintah hendaknya dapat mengurangi pengangguran terbuka, meningkatkan pengeluaran pemerintah yang pro-poor, dan mengendalikan jumlah penduduk.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pengangguran, Pengeluaran Pemerintah, Jumlah Penduduk.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Users 22789 not found.
    Date Deposited: 30 Oct 2013 12:43
    Last Modified: 30 Oct 2013 12:43

    Actions (login required)

    View Item