PENGEMBANGAN MEDIA CD GAME FLASH TENAGA ENDOGEN PADA SISWA KELAS VII SMP BHAKTI PRAJA KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013

Aulia Janatan, 3201408081 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA CD GAME FLASH TENAGA ENDOGEN PADA SISWA KELAS VII SMP BHAKTI PRAJA KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA CD GAME FLASH TENAGA ENDOGEN PADA SISWA KELAS VII SMP BHAKTI PRAJA KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3819Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar mengajar IPS saat ini masih sangat jarang menggunakan media yang menarik. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran masih menggunakan media konvensional yang belum dapat merangsang siswa untuk belajar. Media CD Game Flash Tenaga Endogen merupakan pilihan media yang tepat untuk pembelajaran IPS dan diharapkan dapat menggantikan media konvensional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk media pembelajaran CD Game Flash Tenaga Endogen?” Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media CD Game Flash Tenaga Endogen (2) Mengetahui proses pembelajaran IPS mengggunakan media CD Game Flash Tenaga Endogen pada siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Kedungbanteng Tahun Ajaran 2012/2013 (3) Mengetahui efektivitas pembejaran IPS materi tenaga endogen dengan menggunakan media CD Game Flash tenaga Endogen pada siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Kedungbanteng Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMP Bhakti Praja Kedungbanteng. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan media CD Game Flash Tenaga Endogen dibuat dengan menggunakan software Macromedia Flash Professional 8 dengan perolehan hasil penilaian media dengan persentase sebesar 93,87%, dengan kriteria media “Sangat Layak”, dan berdasarkan hasil penilaian materi diperoleh persentase kelayakan materi sebesar 95,51%, dengan kriteria “Sangat Layak”. Proses pembelajaran berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Efektivitas pembelajaran IPS materi tenaga endogen menggunakan media CD Game Flash Tenaga Endogen dilihat dari hasil nilai siswa, pada kedua kelas uji coba mengalami peningkatan dari hasil pre test ke post test, yaitu dari 58,97 meningkat menjadi 71,82 dan dari 60,48 menjadi 82,36. Apabila dilihat dari hasil tanggapan siswa, pada kedua kelas uji coba didapatkan rata-rata hasil tanggapan siswa sebesar 93,33% dan 96, 36% dengan kriteria “Sangat Baik”. Saran dari penelitian ini adalah media CD Game Flash Tenaga Endogen dapat diterapkan oleh guru sebagai media alternatif dalam pembelajaran IPS materi tenga endogen karena media pembelajaran ini sudah teruji tingkat kelayakannya baik dari segi media maupun materi serta memiliki kelebihan dibandingkan dengan media pembelajaran IPS yang masih bersifat konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media CD Game Flash Tenaga Endogen, Efektivitas, Pembelajaran IPS
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: Users 22789 not found.
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:07
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:07

    Actions (login required)

    View Item