PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIKAMAL BREBES

SRI HARYATI, 1401910042 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIKAMAL BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIKAMAL BREBES)
Download (3402Kb)

    Abstract

    Berdasarkan data awal di SDN kalikamal Brebes ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV antara lain: didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi. Sehingga mengolah kelas kuarang optimal yang menjadikan siswa tidak aktif, kuarang antusias, bahkan siswa tidak menguasai konsep IPA. Faktor tersebut mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah. Metode demonstrasi berbasis lingkungan merupakan aternatif solusi untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran IPA di SD pada kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode demonstrasi berbasis lingkungan. Penelitian dilakukan di SDN Kalikamal Brebes, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 34 siswa, terdiri dari 17 perempuan dan 17 laki-laki. Variabel yang digunakan adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 18 dengan kreteria cukup, Siklus II memperoleh skor 26 dengan kreteria baik, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kreteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 17 dengan kreteria cukup, siklus II mendapat skor 23 dengan kreteria baik, dan siklus III mendapat skor 28 dengan kreteria sangat baik. Hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 58%, siklus II ketuntasan klasikal 76%, dan pada siklus III menigkat menjadi ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi berbasis lingkungan pembelajaran dapat berhasil, sehingga dapat dijadikan salah satu aternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran IPA di SD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, metode demonstrasi berbasis lingkungan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Users 1771 not found.
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:25
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:25

    Actions (login required)

    View Item