STRATEGI POSITIONING PADA WISATA EDUKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung Di Museum Kereta Api Ambarawa)

Muhamad Mahfud Wibowo , NIM. 7350408086 (2013) STRATEGI POSITIONING PADA WISATA EDUKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung Di Museum Kereta Api Ambarawa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI POSITIONING PADA WISATA EDUKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung Di Museum Kereta Api Ambarawa))
Download (814Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi positioning dan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Kereta Api Ambarawa Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan domestik yang berkunjung di Museum kereta Api Ambarawa. Sampel yang diambil 100 wisatawan dengan teknik incidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel Strategi Positioning (X) dengan indikator Nilai, Keunikan, Kredibilitas, keberlanjutan, dan kesesuaian, serta variabel Keputusan Berkunjung (Y) dengan indikator kebutuhan atau keinginan untuk melakukan perjalanan, pencarian dan penilaian informasi, keputusan melakukan perjalanan wisata., persiapan perjalanan dan pengalaman wisata, evaluasi kepuasan perjalanan wisata. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Instrumen diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif presentase, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji determinasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh strategi positioning Museum Kereta Api Ambarawa sebagai wisata edukasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan. disarankan kepada pihak pengelola untuk memaksimalkan citra wisata edukasi sejarah di Museum Kereta Api Ambarawa, misalnya dengan menambah fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan untuk mendapatkan pengetahuan tentang sejarah kereta api.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi Positioning, Keputusan Berkunjung
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:28
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:29

    Actions (login required)

    View Item