Efektivitas Pendaftaran Hak Cipta Hasil Karya Buku Bagi Penerbit Untuk Mendapatkan Perlindungan Hukum ( Studi Pada Penerbit Buku Di Kota Semarang )

BAGUS BINTARA PUTRA, 8111409268 (2013) Efektivitas Pendaftaran Hak Cipta Hasil Karya Buku Bagi Penerbit Untuk Mendapatkan Perlindungan Hukum ( Studi Pada Penerbit Buku Di Kota Semarang ). Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Pendaftaran Hak Cipta Hasil Karya Buku Bagi Penerbit Untuk Mendapatkan Perlindungan Hukum ( Studi Pada Penerbit Buku Di Kota Semarang ))
Download (2874Kb)

    Abstract

    Pendaftaran Hak Cipta menurut penjelasan Pasal 35 Ayat (4) Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta pada dasarnya bukanlah merupakan suatu keharusan bagi si pencipta atau pemegang Hak Cipta. CV. Aneka Ilmu, PT. Yudhistira Ghalia Indonesia, PT. Bumi Aksara adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku. Muncul pertanyaan bagaimanakah efektivitas dari pendaftaran Hak Cipta hasil karya buku yang dilakukan oleh penerbit untuk mendapatkan perlindungan hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana efektivitas pendaftaran Hak Cipta terhadap hasil karya buku bagi pihak penerbit untuk mendapatkan perlindungan hokum? 2) Hambatan apakah yang muncul dalam pendaftaran Hak Cipta hasil karya buku yang diterbitkan oleh penerbit buku? 3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan dalam pendaftaran Hak Cipta hasil karya buku yang diterbitkan oleh penerbit buku? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pendaftaran Hak Cipta dianggap efektif untuk melindungi hasil karya buku yang diterbitkan oleh penerbit, Hambatan dalam pendaftaran Hak Cipta hanya terdapat dalam system pendaftaran yang tidak melakukan pemeriksaan substansial pada karya yang didaftarkan, serta lamanya proses pendaftaran dan penyelesaian permasalahan Hak Cipta menurut pihak penerbit, Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan pendaftaran Hak Cipta bersumber pada keaktifan diri dari pengarang maupun pemegang Hak Cipta sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Pendaftaran Hak Cipta hasil karya buku oleh penerbit cukup efektif untuk memberikan perlindungan hokum Hak Cipta terhadap hasil karya buku yang diterbitkan. 2) Hambatan dalam pendaftaran Hak Cipta muncul karena Indonesia menganut system deklaratif yang tidak mengenal pemeriksaan substansif pada proses pendaftaran. 3) Upaya mengatasi hambatan tersebut adalah dengan pihak pendaftar harus lebih aktif, cepat dan tepat pada proses pendaftaran Hak Cipta. Saran dari penelitian ini adalah 1) Perlu adanya peraturan yang mengatur lebih khusus tentang pendaftaran Hak Cipta, 2) Penerbit harus mendaftarkan Hak Cipta hasil karya yang mereka terbitkan untuk lebih mendapatkan perlindungan hukum, 3) Perlu adanya optimalisasi badan maupun lembaga yang mengawasi terhadap pelanggaran Hak Cipta, 4) Perlu adanya kesadaran dari masyarakat pengguna untuk menggunakan hasil karya buku asli yang diterbitkan oleh penerbit.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Buku, Penerbit, Perlindungan Hukum
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    K Law > KZ Law of Nations
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: Users 22789 not found.
    Date Deposited: 29 Oct 2013 05:47
    Last Modified: 29 Oct 2013 05:47

    Actions (login required)

    View Item