IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA UKM BATIK BAKARAN DI KOTA PATI

Budi Kumala Dewi, 7350408045 (2013) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA UKM BATIK BAKARAN DI KOTA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA UKM BATIK BAKARAN DI KOTA PATI)
Download (1773Kb)

    Abstract

    Kesadaran tentang pentingnya mempraktikkan CSR ini menjadi trend global dengan semakin maraknya kepedulian mengutamakan stakeholders. Kemajuan teknologi informasi dan keterbukaan pasar, perusahaan harus secara serius dan terbuka memperhatikan CSR. Perusahaan sering kali lupa akan fungsinya, seharusnya perusahaan selain berfungsi sebagai organisasi bisnis sekaligus juga berfungsi sebagai organisasi sosial. Perusahaan yang hanya berorientasi bisnis akan menghadapi tantangan karena baik secara langsung ataupun tidak langsung harus berinteraksi dengan lingkungan sosialnya mulai dari input, proses hingga output. Sehubungan dengan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan penelitian yaitu “apakah ada pengaruh implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Laba Perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati”. Selain itu penelitian ini bertujuan utnuk mengetahui pengaruh Implementasi CXorporate Social Responcibility (CSR) terhadap Laba Perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM batik Bakaran di Kota Pati yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pati berjumlah 28 UKM batik. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, Uji Linieritas, Uji Asumsi Klasik, Uji Autokorelasi, Uji Multikolonieritas, Uji Heterokedastisitas, Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil deskripsi persentasi dan uji t tentang pengaruh implementasi Corporate Social Responsibility terhadap laba perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati diperoleh keterangan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati. Besarnya pengaruh CSR terhadap laba perusahaan adalah 38,5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan : (1) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati yaitu seringnya melakukan kegiatan sosial. (2) Upaya meningkatkan nilai perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati dengan menerapkan CSR. (3) Terdapat pengaruh implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap penciptaan nilai perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya UKM Batik Bakaran di Kota Pati dapat menerapkan CSR dengan baik, yaitu dengan memberikan sebagian labanya pada kegiatan sosial di lingkungan, karyawan dan komunitas masyarakat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Laba Perusahaan dan Corporate Social Responsibility (CSR)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:06
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:06

    Actions (login required)

    View Item