PENGARUH NILAI DAN RATING PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menerbitkan Obligasi Syariah dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2009)

Devi Adelin Septianingtyas, 7350408044 (2012) PENGARUH NILAI DAN RATING PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menerbitkan Obligasi Syariah dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH NILAI DAN RATING PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menerbitkan Obligasi Syariah dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2009))
Download (1111Kb)

    Abstract

    Dalam mengembangkan usahanya atau melakukan ekspansi, perusahaan sering dihadapkan pada berbagai kendala. Salah satu kendala yang dihadapi perusahaan yaitu masalah pemenuhan kebutuhan dana. Kondisi tersebut menyebabkan perusahaan berusaha mencari sumber-sumber pendanaan dari luar di antaranya melalui pasar modal. Salah satu instrumen investasi berbasis syariah yang sedang trend di pasar modal Indonesia yaitu obligasi syariah atau dikenal dengan istilah sukuk. Permasalah dalam penelitian ini adalah penerbitan obligasi syariah mengalami banyak kendala sehingga mempengaruhi return perusahaan (emiten). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana pengaruh nilai dan rating penerbitan obligasi syariah (sukuk) baik secara parsial maupun simultan terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang menerbitkan obligasi syariah (sukuk) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2002-2009 sebanyak 41 penerbitan. Berdasarkan kriteia purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 32 penerbitan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan (F), uji parsial (t), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai penerbitan obligasi syariah (sukuk) mempunyai nilai t hitung sebesar 4,668 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Rating penerbitan obligasi syariah (sukuk) mempunyai nilai t hitung sebesar 3,270 dengan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Nilai penerbitan obligasi syariah (sukuk), Rating penerbitan obligasi syariah (sukuk), Return Saham
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:04
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:04

    Actions (login required)

    View Item