PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SARI TEMBAKAU HARUM KABUPATEN KENDAL

Fahmi Aji Wibowo, 7350407006 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SARI TEMBAKAU HARUM KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SARI TEMBAKAU HARUM KABUPATEN KENDAL)
Download (2574Kb)

    Abstract

    Kepemimpinan dan motivasi merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan kinerja karyawan, makin baik kepemimpinan dan makin tinggi motivasi maka akan meningkatkan kinerja karyawan.tapi dalam kasus ini terjadi ketidak sesuaian yakni kepemimpinan yang di berikan sudah sesuai dan karyawan di berikan motivasi untuk merangsang kinerjanya namun kinerja yang di hasilkan masih kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan bagian produksi pada PT. Sari Tembakau Harum Kabupaten Kendal Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi pada PT. Sari Tembakau Harum Kabupaten Kendal yang berjumlah 1050 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dilakukan dengan proportional random sampling. Tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, adalah : kepemimpinan, motivasi dan kinerja karyawan. Alat pengumpulan data yang diguanakan adalah angket dan dokumentasi, serta data yang digunakan merupakan data primer. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis uji partial (t) dan uji simultan (F). Hasil analisis regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Y = 12,353 + 0,264 X1 + 0,593 X2 dimana secara parsial variabel kepemimpinan berpengaruh sebesar 12,60% dan motivasi berpengaruh sebesar 45,69 terhadap kinerja. Secara simultan (kepemimpinan dan motivasi) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 58,4%. Sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan dan motivasi secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan. Disarankan bagi Kepala bagian produksi agar meningkatkan perhatian secara lebih maksimal kepada karyawannya dengan memberikan pujian apabila ada karyawan yang berprestasi dan menghargai masukan yang diberikan karyawan. Selain itu juga diharapakan perusahaan agar memberikan kesempatan kepada karyawan muda mengikuti rapat organisasi untuk menyumbangkan pendapat atau gagasan yang berguna bagi perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, dan Kinerja Karyawan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:38
    Last Modified: 22 May 2014 06:38

    Actions (login required)

    View Item