PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH

Yolla Aditya Ananto , 7350406593 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH)
Download (4Mb)

    Abstract

    Tujuanpenelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris seberapa besar pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan pada Dinas Tenaga kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalahkaryawan Dinas Tenaga kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 248 karyawan. Sampel diperoleh sebanyak 153 orang, dengan teknik Proportional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase, metode analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial. Hasil analisis regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Y=0,301+0,728 X1 + 0,513 X2 Secara parsial variabel kepemimpinan transformasional memberikan kontribusi sebesar 27,98% dan variabel motivasi sebesar 37,45% terhadap kinerja. Secara simultan (kepemimpinan dan motivasi) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 61,5%. Sedangkan sisanya sebesar 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Disimpulkan bahwa semakin positif kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja maka semakin tinggi pula kinerja karyawan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu hendaknya pimpinan dapat tetap menjaga hubungan yang baik terhadap karyawan di dalam bekerja, sehingga karyawan merasa nyaman di dalam bekerja, perlu menjaga atau meningkatkan motivasi karyawan di dalam bekerja dan merencanakan program-program pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan guna meningkatkan kinerja karyawan di dalam bekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:38
    Last Modified: 22 May 2014 06:38

    Actions (login required)

    View Item