PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KRAMAT KAB. TEGAL

Siska Novya Shinta Devi , 2101408125 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KRAMAT KAB. TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KRAMAT KAB. TEGAL)
Download (1328Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menulis naskah drama kelas VIII A SMP N 2 Kramat menunjukkan hasil yang cukup memuaskan Hal ini disebabkan oleh tiga faktor yang berpengaruh yaitu faktor pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran, faktor siswa, dan faktor lingkungan sekolah. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dan harus segera dicari jalan keluarnya adalah faktor pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Selama ini, pendekatan yang digunakan guru masih tradisional dan kurang bervariasi. Ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran sehingga terkesan monoton. Hal ini, menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, adalah dengan mengubah pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran.Salah satu pendekatan yang dapat digunakan sebagai alternatif yaitu dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Dalam pendekatan ini, guru diposisikan sebagai fasilitator dan motivator. Jadi, siswa yang dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini membahas permasalahan yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP N 2 Kramat setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama melalui media gambar berseri dengant eknik pengandalian diri, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP N 2 Kramat setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama melalui media gambar berseri dengan teknik pengandalian diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis naskah drama dan perubahan perilaku siswat ersebut setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama melalui media gambar berseri dengan teknik pengandaian diri. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat memberi sumbangan teori mengenai pembelajaran menulis naskah drama melalui media gambar berseri dengan teknik pengandaian diri pada khususnya dan teori pembelajaran menulis pada umumnya. Selain itu, penelitian ini pun diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMPN 2 Kramat. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis naskah drama dan media gambar berseri dengan teknik pengandaian diri. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis naskah drama, sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakanya itu berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: ketrampilan menulis, naskah drama, media gambar berseri, teknik pengandalian diri.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: Users 22783 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 06:41
    Last Modified: 22 May 2014 06:41

    Actions (login required)

    View Item