FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI KRUPUK MIE PADA INDUSTRI KRUPUK MIE DI DESA HARJOSARI LOR KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL

Gilang Aji Purnama, 7450408023 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI KRUPUK MIE PADA INDUSTRI KRUPUK MIE DI DESA HARJOSARI LOR KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI KRUPUK MIE PADA INDUSTRI KRUPUK MIE DI DESA HARJOSARI LOR KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL)
Download (1512Kb)

    Abstract

    Salah satu produk unggulan di desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna adalah industri krupuk mie. Industri mie di desa Harjosari Lor menunjukan prospek yang semakin cerah di tahun-tahun kebelakang.Industri kecil ini mengandung potensi yang besar terhadap perluasan kesempatan kerja dan penciptaan lapangan kerja, baik dalam jangka pendek dan panjang sehingga sektor industri kecil perlu dikembangkan. Pada kenyataannya hasil produksi industri kecil di wilayah Kecamatan Adiwerna Desa Harjosari Lor terutama industri krupuk mie telah diminati oleh konsumen luar daerah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh modal, tenaga kerja, dan bahan baku serta bagaimana pengaruhnya secara simultan dalam penggunaan faktor-faktor produksi terhadap nilai produksi pada usaha kecil dan menengah krupuk mie di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal, tenaga kerja, dan bahan baku terhadap nilai produksi serta bagaimana pengaruhnya secara simultan pada usaha kecil krupuk mie di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 156 unit usaha. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 61 unit usaha krupuk mie di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Variabel dalam penelitian ini adalah modal (X1), tenaga kerja (X2), bahan baku (X3), dan nilai produksi (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif, analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer eviews. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang berpengaruh terhadap nilai produksi usaha kecil dan menengah krupuk mie di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna yaitu variabel modal, tenaga kerja dan bahan baku Hasil uji-t (uji satu sisi) dan uji-f (simultan) modal, tenaga kerja dan bahan baku mempunyai pengaruh yang positif terhadap nilai produksi krupuk mie. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap nilai produksi krupuk mie di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Dalam penelitian ini dapat disarankan kepada para pengrajin hendaknya memanfaatkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara proporsional sehingga usaha krupuk mie yang dijalankan dapat memberikan keuntungan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Usaha Kecil dan Menengah Krupuk Mie, Faktor-Faktor Produksi.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Users 22789 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 06:43
    Last Modified: 22 May 2014 06:43

    Actions (login required)

    View Item