PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA DAN BOOK VALUE (BV) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA TAHUN 2008 - 2011

Lira Sihaloho , 7311409088 (2013) PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA DAN BOOK VALUE (BV) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA TAHUN 2008 - 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA DAN BOOK VALUE (BV) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA TAHUN 2008 - 2011)
Download (679Kb)

    Abstract

    Faktor fundamental mempunyai pengaruh kuat terhadap harga saham perusahaan, tetapi pengaruh makroekonomi juga memiliki peranan penting terhadap naik turunnya harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mikro dan makro ekonomi perusahaan yang terdiri dari Inflasi, Suku Bunga dan Book Value terhadap Harga Saham pada perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 periode 2008-2011 secara simultan dan parsial. Penelitian ini timbul karena terjadi fenomena gap dan jika ditelaah secara teori maka masih terdapat hasil yang tidak relevan secara teori dan kenyataan, yaitu naik turunnya variabel Inflasi, Suku Bunga dan Book Value tidak diikuti naik turunnya harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ45 periode 2008-2011 yang berjumlah 45 perusahaan. Prosedur pemilihan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga menghasilkan 41 perusahaan yang memiliki kriteria sampel. Data sekunder dikumpulkan dengan teknik dokumentasi bersumber dari ringkasan kinerja keuangan tahun 2012. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini secara simultan variabel Inflasi, Suku Bunga dan Book Value berpengaruh terhadap Harga Saham pada perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 periode 2008-2011. Secara parsial variabel Inflasi, Suku Bunga dan Book Value berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, tetapi hanya variabel Suku Bunga yang berpengaruh positif terhadap Harga Saham pada perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 periode 2008-2011. Hasil penelitian bagi investor sebaiknya memperhatikan Inflasi, Suku Bunga dan Book Value dalam berinvestasi karena rasio tersebut berpengaruh terhadap harga saham. Investor harus cermat dalam mempertimbangkan keputusan investasinya, tidak hanya kinerja dari perusahaan tetapi juga faktor makroekonomi yang cukup mempengaruhi keadaan pasar modal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Inflasi, Suku Bunga dan Book Value, Harga Saham
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:49
    Last Modified: 22 May 2014 06:49

    Actions (login required)

    View Item