PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG

WIKA ANGGRAENI , 1401409231 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG)
Download (6Mb)

    Abstract

    Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang bersifat multidimensional, yang tidak hanya berkenaan dengan pendidikan nilai etis, tetapi juga dengan pendidikan nilai lainnya seperti nilai politik dan ekonomi. Berdasarkan data awal yang diperoleh selama PPL di kelas IV SD Negeri Tambakaji 05 Kota Semarang ditemukan adanya suatu permasalahan di dalam pembelajaran PKn yaitu guru kurang menerapkan model pembelajaran kooperatif sehingga siswa cenderung kurang aktif mengikuti pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar PKn. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Mind Map berbasis lingkungan. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Mind Map berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model pembelajaran Mind Map berbasis lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitiannya terbagi dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dengan setiap siklus 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri Tambakaji 05 Kota Semarang yang berjumlah 24 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan teknik nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pembelajaran PKn mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,6 dengan kategori baik, pada siklus II pemerolehan skor rata-rata menjadi 3 dengan kategori baik pada siklus III pemerolehan skor rata-rata menjadi 3,5 dengan kategori sangat baik. aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,2 dengan kategori baik, pada siklus II pemerolehan skor rata-rata menjadi 3 dengan kategori baik dan siklus III pemerolehan skor rata-rata menjadi 3,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dengan KKM 63 juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 58,82% dengan nilai rata-rata 67,44, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 70,59% dengan rata-rata 70,12 dan pada siklus III meningkat menjadi 81,58% dengan nilai rata-rata 80,42. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Mind Map berbasis lingkungan dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa. Saran yang dapat diberikan, dalam pembelajaran PKn hendaknya menerapkan model pembelajaran Mind Map berbasis lingkungan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Pembelajaran Mind Map, Berbasis Lingkungan.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 06:52
    Last Modified: 22 May 2014 06:52

    Actions (login required)

    View Item